Analisis kepatuhan wajib pajak pada pelaku UMKM Muslim ditinjau dari Perspektif Maqashid Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianti, Della Ayu (2020) Analisis kepatuhan wajib pajak pada pelaku UMKM Muslim ditinjau dari Perspektif Maqashid Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Della Ayu Yulianti_G04216021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mengandalkan pajak sebagai pendapatan utama Negara, sebagai anggaran (budgetair), pajak memiliki fungsi utama untuk sumber pembiayaan negara. Dari tahun ke tahun target penerimaan pajak Indonesia mengalami kenaikan seiring dengan meningkatnya jumlah belanja negara dan kebutuhan pembangunan nasional namun penerimaan pajak masih tidak sejalan dengan target yang ditetapkan. Pada penelitian ini mengangkat judul “Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Pada Pelaku UMKM Muslim Ditinjau Dari Perspektif Maqashid Syariah”, dengan rumusan masalah bagaimana kepatuhan wajib pajak pada pelaku UMKM muslim dan bagaimana analisis kepatuhan wajib pajak pada pelaku UMKM muslim. Penelitian yang dilakukan pada UMKM muslim ini dengan tujuan untuk mengetahui kepatuhan wajib pajak, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan berdasarkan data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisa dari data yang diperoleh menyatakan bahwa secara keseluruhan kepatuhan wajib pajak dari UMKM masih perlu ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar dari UMKM yang ditemui bahkan belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah merupakan kepatuhan yang diwajibkan setelah Allah dan RasulNya selama tidak menyelisihi syariat agama yang pokok dan tidak menuju pada perbuatan maksiat. Di sisi lain ditinjau dari perspektif maqashid syariah, kebijakan perpajakan di Indonesia tidak memiliki unsur yang mendzholimi terhadap wajib pajak baik dari segi aturan dan implementasinya, setelah dinilai menggunakan lima nilai yang terdapat pada maqashid syariah. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, kesimpulan yang didapatkan yaitu dengan adanya kenyataan ini bahwa kepatuhan wajib pajak UMKM perlu ditingkatkan, dikarenakan belum maksimalnya sosialisasi peraturan perpajakan oleh otoritas terkait dengan demikian masih cukup banyak masyarakat yang belum memiliki pemahaman yang baik terkait aturan ini sehingga kesadaran mereka terhadap kewajiban pembayaran pajak masih perlu ditingkatkan. Oleh karenanya peneliti memiliki saran kepada pemerintah agar lebih proaktif dalam melakukan sosialisasi perpajakan terhadap wajib pajak dengan memberikan penjelasan yang mudah dimengerti dan membuat regulasi administrasi perpajakan yang sederhana sehingga wajib pajak diberikan kemudahan dalam pembayaran pajak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianti, Della Ayudellaayuyulianti2918@gmail.comG04216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustin--2008088302
Subjects: Ekonomi Islam
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Kepatuhan; Wajib Pajak; UMKM Muslim; dan Maqashid Syariah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Della Ayu Della Della
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:46
Last Modified: 07 Apr 2021 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47379

Actions (login required)

View Item View Item