Analisis hukum islam terhadap jual beli tiket di atas Kapal KMP Munggiyango Hulalo Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaman, Ilham Fariduz (2021) Analisis hukum islam terhadap jual beli tiket di atas Kapal KMP Munggiyango Hulalo Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilham Fariduz Zaman_C02217018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan jenis field research (lapangan). Data penelitian ini dihimpun melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif analitis menggunakan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian lapangan pada skripsi ini, yakni kegiatan jual beli tiket di atas kapal KMP Munggiyango Hulalo Kabupaten Sumenep hanya dapat dilakukan di loket dan secara online melalui aplikasi Ferizy. Namun, yang terjadi di lapangan, banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual beli tiket di atas kapal, di mana pembeli hanya membayarkan uang sejumlah harga tiket yakni Rp. 90.000,00 kepada pihak petugas tanpa diberi tiket. Dari hasil analisis hukum Islam terhadap jual beli tersebut, bahwa praktik jual beli tiket di atas kapal KMP Munggiyango Hulalo Kabupaten Sumenep termasuk jual beli yang tidak sah, dan termasuk jual beli yang dilarang sebab ma’qud ‘alaih (barang yang dijual), serta tidak memenuhi syarat dan rukun jual beli dalam Islam, sehingga akad jual beli tersebut menjadi rusak (fasid) atau batal. Dari kesimpulan di atas maka terdapat beberapa saran dari peneliti; Pertama, hendaknya pihak petugas kapal melakukan evaluasi terkait penjagaan dan pemerikasaan tiket kapal. Kedua, penulis menyarankan agar petugas kapal tidak melampaui wewenang yang telah diberikan atau jika perlu agar pihak PT ASDP Indonesia Ferry (persero) menambah sistem pembelian tiket di atas kapal oleh petugas yang sudah diberi wewenang. Ketiga, sebaiknya pihak kapal melakukan pengembangan e-tiket. Keempat, bagi penumpang kapal penulis menyarankan guna keselamatan jiwa dan pemenuhan ganti rugi oleh perusahaan, jika terjadi kecelakaan kapal sebaiknya penumpang kapal membeli tiket di loket pelabuhan, karena nama penumpang kapal akan dicatat dan mendapatkan tiket sebagai bukti untuk klaim asuransi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaman, Ilham Fariduzilhamfariduzzaman@gmail.comC02217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd.--2018115501
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Jual beli tiket kapal; Pembelian tiket kapal diatas kapal.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ilham Fariduz Zaman
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:59
Last Modified: 07 Apr 2021 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47381

Actions (login required)

View Item View Item