Pengaruh pengajian umum Kitab Al-Hikam karya Ibn Athaillah As-Sakandari terhadap ketenangan hati: studi kasus Pondok pesantren Miftachus Sunnah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainuddin, Muhammad Ahyat (2021) Pengaruh pengajian umum Kitab Al-Hikam karya Ibn Athaillah As-Sakandari terhadap ketenangan hati: studi kasus Pondok pesantren Miftachus Sunnah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ahyat Zainuddin_E97216040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pada skripsi ini adanya suatu fenomena kegelisahan hati yang terjadi dikalangan masyarakat dikarenakan banyaknya berbagai problem-problematika kehidupan. Disamping itu, fenomena pengajian yang kini tengah marak menjadikan salah satu solusi dalam meninjau problem-problematika kehidupan masyarakat. Sehingga kegelisahan-kegelisahan yang ada dalam diri masyarakat berangsur-angsur mulai berkurang. skripsi ini meliputi beberapa rumusan masalah diantaranya sebagai berikut. Pertama, bagaimana dengan biografi ibn athaillah as-sakandari sebagai pelopor terbentuknya kitab al-hikam. Kedua, bagaimana majelis pengajian kitab al-hikam pondok pesantren miftachus sunnah surabaya. Ketiga, bagaiman penerapan ketenangan hati manusia melalui kitab al-hikam yang ditinjau secara langsung terhadap pengajian pondok pesantren miftahcus sunnah surabaya. Metode penelitian yang dipakai dalam skripsi ini termasuk kedalam metode kualitatif deskriftif dan wawancara. Hasil dari penelitian ini bahwasannya diatas problem-problematika kehidupan manusia, pengajian merupakan salah satu bentuk jalan keluar atau solusi yang baik dalam mengatasi perihal tersebut. Berdasarkan berbagai banyak wawancara dengan para narasumber, dikatakan bahwasannya sebelum mengikuti pengajian menurut mereka rata-rata hatinya selalu dirundung rasa gelisah dan ada pula yang mengatakan bingung. Akan tetapi setelah mereka mengikuti kajian di pondok pesantren miftahcus sunnah surabaya, mereka merasakan ketentraman dan kenyamanan dalam diri mereka dan mendapatkan berbagai banyak ilmu penegathuan tentang kehidupan yang baik dan buruk di dalam kitab al-hikam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainuddin, Muhammad Ahyatahyatzainudin@yahoo.comE97216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Agama
Biografi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pengajian; al-Hikam; Miftahcus Sunnah Surabaya.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahyat Zainudin
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:43
Last Modified: 08 Apr 2021 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47388

Actions (login required)

View Item View Item