Akulturasi budaya jawa dalam Tradisi Tingkeban: kajian Ma'anil Hadits Sunan al-Darimi Nomer Indeks 529 melalui Pendekatan Budaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Frimansyah, Moch. Rofi (2021) Akulturasi budaya jawa dalam Tradisi Tingkeban: kajian Ma'anil Hadits Sunan al-Darimi Nomer Indeks 529 melalui Pendekatan Budaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Rofi Firmansyah_E95217029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tradisi tingkeban yang korelasikan dengan Hadis tentang sunnah hasanah dan sunnah sayyi’ah dalam kitab Sunan al-Darimi nomer indeks 529. Berawal dari problematikan dari tradisi tingkeban yang dianggap bid’ah sesat oleh salah satu golongan Islam di Indonesia. Hadis tersebut diteliti dengan kritik sanad dan kritik matan. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis kualitatif dengan menyajikan beberapa data yang disebut dengan library research (penelitian kepustakaan). Analisis data menggunakan kritik hadis serta menggunakan metode ma’anil h}adith. Objek dari penelitian ini diuraikan dengan tiga masalah. Pertama, bagaimana kualitas dan kehujjahan Hadis Sunan al-Darimi nomer indeks 529. Kedua, bagaimana pemaknaan Hadis Sunan al-Darimi nomer indeks 529. Ketiga, bagaimana implikasi tradisi tingkeban terhadap si ibu dan anak yang dihubungkan dengan Hadis dalam kitab Sunan al-Darimi nomer indeks 529. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, diantaranya, Hadis ini memiliki kualitas s}ah}ih lidzatihi dan maqbul wa ma’mulun bih. Makna dari lafad “sanna sunatan” ialah melakukan hal baru, sedangkan lafad “hasanatan” ialah kebaikan. Tradisi tingkeban yang beredar di Tanah Jawa menggunakan versi Islam, tradisi ini diketegorikan dalam “sunnah hasanah” dikarenakan tidak menyekutukan Allah SWT dan menunjukkan rasa syukur oleh si ibu, sehingga dapat menimbulkan kebahagian. Kebahagiaan yang ditimbulkan si ibu dapat berpengaruh pada si anak yang dikandung sehingga akan menjadi tenang dan lebih sehat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Frimansyah, Moch. Rofirofifirmansyah20@gmail.comE95217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Subjects: Akulturasi
Budaya
Tradisi Islam
Keywords: Sunan al-Darimi; Tradisi Tingkeban; Sunnah Hasanah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Firmansyah Moch. Rofi
Date Deposited: 08 Apr 2021 10:28
Last Modified: 08 Apr 2021 10:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47411

Actions (login required)

View Item View Item