Sejarah perjuangan dan peran K.H. Sholichin Hamzah dalam Pendirian Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah Di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang (1980-2020)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Indah (2021) Sejarah perjuangan dan peran K.H. Sholichin Hamzah dalam Pendirian Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah Di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang (1980-2020). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Wulandari_A92217074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk menjelaskan tiga hal di atas, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis untuk mengetahui riwayat hidup K.H. Sholichin Hamzah dan perkembangan Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah. Kemudian, juga menggunakan pendekatan sosiologi untuk mengetahui pola-pola hubungan antara orang-orang di dalam lembaga pendidikan dengan masyarakat. Sedangkan, teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori peran menurut Biddle dan Thomas serta teori continuity and change (kesinambungan dan perubahan) menurut Zamakhsyari Dhofier. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat diketahui bahwa: 1. K.H. Sholichin Hamzah lahir di Jombang 12 Februari 1925 dan wafat pada tahun 2008. Ia merupakan tokoh yang menggagas Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah bersama masyarakat Desa Sumbermulyo. 2. Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah berkembang dengan baik dari segi sarana prasarana, jumlah siswa/ siswi, jumlah guru, dan prestasi siswa/ siswi. 3. Peran K.H. Sholichin Hamzah dalam mengembangkan Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah. Ia menerapkan cara kepemimpinan, tertib administrasi, keuangan, dan sumber daya serta kerjasama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Indahdariwulanindah10@gmail.comA92217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: K.H. Sholichin Hamzah; Pendidikan; Sumbermulyo.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Wulandari Indah
Date Deposited: 09 Apr 2021 10:46
Last Modified: 09 Apr 2021 10:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47429

Actions (login required)

View Item View Item