Social entrepreneurship Panti Asuhan Fans sepak bola Persebaya (Bonek) dalam Perspektif Maqāṣid Asy-syarīʻah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ar Rizki, Muhammad Zulfikar (2021) Social entrepreneurship Panti Asuhan Fans sepak bola Persebaya (Bonek) dalam Perspektif Maqāṣid Asy-syarīʻah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zulfikar Ar Rizki_G94216191.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil Penelitian ini berjudul Social Entrepreneurship Panti Asuhan Fans Sepak Bola Persebaya (Bonek) Dalam Perspektif Maqāṣid Asy-syarīʻah adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, menjawab rumusan masalah. Yaitu, Bagaimana praktek panti asuhan Bonek dalam menjalankan social entrepreneurship? Dan Bagaimana peran maqāṣid asy-syarīʻah pada panti asuhan bonek dalam menjalakan kegiatan social entrepreneurship? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada di lapangan. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung pada lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menjawab rumusan masalah Dalam menjalankan Praktek social entrepreneurship, panti asuhan Bonek sudah melakukan prosedur yang ditetapkan yaitu wirausaha, ide/gagasan, peluang serta organisasi. Dan Peran maqāṣid asy-syarīʻah pada panti asuhan bonek dalam menjalakan kegiatan social entrepreneurship sudah sesuai dalam kaidah, yaitu, penjagaan agama (ḥifdzu ad-din), penjagaan akal (ḥifdzu al-‘aql), penjagaan harta (ḥifdzu al-māl), penjagaan keturunan (ḥifdzu an-nasab), penjagaan jiwa (ḥifdzu an-nafs). Saran untuk Panti Asuhan Bonek agar selalu menjaga kekompakan antara pihak pengurus Yayasan Wani Sobo Panti yang menaungi Panti Asuhan Bonek dengan seluruh anggota dari kelompok Bonek SKJ 27, perlunya diadakan evaluasi tiap bulan mengenai kekurangan yang terdapat pada pengelolaan pada Panti Asuhan Bonek agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan sosial, serta perlunya diadakan laporan penanggungjawaban (LPJ) setiap tahunnya yang disaksikan para anggota dengan tujuan agar adanya keterbukaan dalam finansial serta dapat mengevaluasi setiap kekurangan dan kelebihan dalam kegiatan social entrepreneurship.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ar Rizki, Muhammad Zulfikarmzulfikararrizki@gmail.comG94216191
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@gmail.com2005098202
Subjects: Ekonomi Islam
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Social Entrepreneurship; Maqāṣid Asy-Syarīʻah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Zulfikar Ar Rizki
Date Deposited: 09 Apr 2021 11:09
Last Modified: 09 Apr 2021 11:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47437

Actions (login required)

View Item View Item