Makna term takdir dalam Kitab Fath Al Qadir karya Imam Ash Shawkani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Kunia Alif (2021) Makna term takdir dalam Kitab Fath Al Qadir karya Imam Ash Shawkani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurnia Alif Fahmi_E03216019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Takdir merupakan rukun iman yang ke 6. Iman tidak hanya sekedar percaya, namun juga bagaimana mausia sebagai khalifah di bumi mengaplikasikan apa yang sudah diimaninya. Masih banyak manusia yang hanya sekedar iman dari lisan tapi belum bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti iman terhadap takdir Allah. Manusia banyak beranggapan bahwa semua yang terjadi dalam hidupnya sudah diatur oleh Allah dan manusia hanya tinggal menjalankannya. Permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana klasifikasi term takdir dalam Alquran dan juga makna term takdir menurut Imam Ash Shawkani dalam Kitab tafsir Fath Al Qadir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi term takdir dalam Alquran dan untuk mengetahui makna term takdir menurut Imam Ash Shawkani dalam kitab tafsir Fath} Al Qadir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik penyajian deskriptif analisis. Penelitian ini berobjek pada kitab tafsir Fath Al-Qadir karya Imam Ash Shawkani yang dijadikan rujukan oleh penulis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah library research dengan mengumpulkan data-data dari literatur kepustakaan. Dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa klasifikasi term takdir dalam Alquran terdapat kurang lebih 120 ayat, yang terbagi lagi menjadi 6 term.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Kunia Alifaliffahmi9@gmail.comE03216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@gmail.com2016047602
Subjects: Iman Kepada Allah
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Imam ash-Shawkani; Fath al-Qadir; Takdir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Kurnia Alif Fahmi
Date Deposited: 14 Apr 2021 11:57
Last Modified: 14 Apr 2021 11:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47465

Actions (login required)

View Item View Item