Evaluasi kualitas dan tingkat pencemaran air sungai Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosana, Naurah Meita (2021) Evaluasi kualitas dan tingkat pencemaran air sungai Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naurah Meita Rosana H75215021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Kecamatan Tanggulangin terdapat lahan pemukiman dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi yaitu 33 jiwa/Ha yang dapat menyebabkan tingginya sumber pencemar akibat masuknya limbah domestik ke badan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sungai Kecamatan Tanggulangin serta menentukan status mutu kualitas air sungai dengan metode Indeks Pencemaran (IP) berdasarkan KepMenLH No. 115 Tahun 2003. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasional yang bersifat deskriptif yakni melalui pengukuran lapangan dan juga pengujian laboratorium. Parameter yang diukur meliputi suhu, pH, TSS, BOD, COD dan DO. Pengambilan sampel dilakukan di 5 stasiun, stasiun I merupakan titik sebelum adanya masukan limbah hasil kegiatan pasar tradisional, stasiun II merupakan titik adanya masukan limbah dari kegiatan pasar tradisional, stasiun III merupakan pemanfaatan air sungai sebagai budidaya kerang kupang, stasiun IV merupakan pemanfaatan air sungai untuk mengairi tambak serta lahan pertanian milik masyarakat setempat, stasiun V merupakan pemanfaatan air sungai sebagai irigasi lahan pertanian milik masyarakat. Hasil penelitan menunjukkan bahwa kualitas air Sungai Kecamatan Tanggulangin yang sesuai batas mutu yakni suhu berkisar antara 28,7 oC – 30,1 oC serta pH antara 7,5 – 8. Untuk parameter TSS, BOD, COD telah melebihi baku mutu. Parameter DO yang memenuhi baku mutu hanya terdapat di stasiun IV yakni 4,1 mg/L. Diperoleh status mutu sungai Kecamatan Tanggulangin termasuk dalam kategori tercemar ringan dengan nilai Indeks Pencemar (IP) pada stasiun I sebesar 4,2, pada stasiun II dikategorikan tercemar ringan dengan nilai IP sebesar 4,35, pada stasiun III dikategorikan tercemar ringan dengan nilai IP sebesar 2,6, pada stasiun IV dikategorikan tercemar ringan dengan nilai IP sebesar 2,5, pada stasiun V dikategorikan tercemar ringan dengan nilai IP sebesar 1,25.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosana, Naurah Meitanaurahmeita@gmail.comH75215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id19841130201532001
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Kualitas air; status mutu air; indeks pencemaran (IP).
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Naurah Meita Rosana
Date Deposited: 14 Apr 2021 12:13
Last Modified: 14 Apr 2021 12:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47467

Actions (login required)

View Item View Item