Perspektif single professional women tentang pernikahan di kota Surabaya dalam tinjauan feminisme liberal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nanda, Ummi Lailatul Aziah Permata (2021) Perspektif single professional women tentang pernikahan di kota Surabaya dalam tinjauan feminisme liberal. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummi Lailatul Aziah Permata Nanda_I73217079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, pertama: mengetahui peran karier dapat mempengaruhi Single Professional Women dalam memandang pernikahan dengan sub bab keuntungan berpendidikan tinggi, arti pernikahan bagi informan, dan gambaran tentang pernikahan. Kedua: mengetahui pengambilan keputusan pernikahan pada Single Professional Women di Kota Surabaya dengan sub bab pengambilan keputusan menikah setelah berkarier, dan problem hidup tidak memiliki pasangan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam menganalisis data adalah teori feminisme liberal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karier dapat mempengaruhi Single Professional Women dalam memandang sebuah pernikahan. Pada awalnya mereka menganggap bahwa pernikahan adalah hal indah yang mereka idam-idamkan. Namun, setelah berkarier, dengan dipengaruhi relasi, lingkungan, maupun keluarga, pandangan mereka mengenai pernikahan menjadi berubah. Untuk menuju pernikahan, banyak hal yang harus dipertimbangkan secara rasional. (2) faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pernikahan pada Single Professional Women adalah terlanjur memikirkan karier, ingin meraih pendidikan yang lebih tinggi, masih menginginkan kebebasan dalam hidup, ketakukan akan konflik rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nanda, Ummi Lailatul Aziah Permataummilaila.permatananda@gmail.comI73217079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Gender
Perkawinan
Sosiologi
Keywords: Single Professional Women; Pernikahan; Feminisme.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ummi Lailatul Azizah Permata Nanda
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:59
Last Modified: 14 Apr 2021 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47479

Actions (login required)

View Item View Item