Efektivitas kurikulum darurat Covid-19 terhadap ketuntasan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Septiana (2021) Efektivitas kurikulum darurat Covid-19 terhadap ketuntasan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septiana Rahmawati_D91217135.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya implementasi Kurikulum Darurat Covid-19 terhadap ketuntasan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang bersifat validation, yakni menguji pengaruh satu variabel atau lebih ke variabel lain. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro, yang mana masing-masing dari keduanya berjumlah 287 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling berdasarkan rumus Slovin sebanyak 39 siswa pada masing-masing kedua kelas tersebut. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik observasi, wawancara, dan kuisioner digunakan untuk mengetahui bagaimana implementasi Kurikulum Darurat Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Kurikulum Darurat Covid-19 di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro tergolong sangat baik, yang ditunjukkan dengan presentase 91,25% pada data observasi dan 76,77% pada data kuisioner. 2) Adanya kenaikan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan presentase 100% pada kelas VIII dan 84,6% pada kelas IX. 3) Implementasi Kurikulum Darurat Covid-19 terhadap ketuntasan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro terbukti efektif, yang ditunjukkan dengan t_hitung lebih besar daripada t_tabel, yakni 1,99 < 7,22 > 2,64.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Septianaseptianarahmawati821@gmail.comD91217135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@gmail.com2011077202
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Kurikulum
Keywords: Efektivitas Kurikulum Darurat Covid-19; Ketuntasan Hasil Belajar; dan Pendidikan Agama Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Septiana Rahmawati
Date Deposited: 12 Apr 2021 06:52
Last Modified: 12 Apr 2021 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47482

Actions (login required)

View Item View Item