Analisis proses pemodelan masalah matematika peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Humairoh, Durrotul (2021) Analisis proses pemodelan masalah matematika peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durrotul Humairoh_D04216006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemodelan masalah matematika adalah proses perubahan masalah kompleks yang kontekstual ke dalam bentuk kalimat matematik. Dalam proses pemodelan masalah matematika, peserta didik memiliki proses yang berbeda-beda, salah satunya berdasarkan tipe kepribadian yang dimiliki oleh peserta didik. Terdapat 4 tipe kepribadian menurut David Keirsey, yaitu rational, idealist, artisan dan guardian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pemodelan masalah matematika yang dilakukan oleh peserta didik tipe rational dan idealist. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek ini berdasarkan skor tertinggi dari masing-masing tipe kepribadian. Subjek penelitian mengambil 8 subjek dari 151 peserta didik kelas XII MAN 1 Gresik yang terdiri dari 4 subjek yang memiliki tipe kepribadian rational dan 4 subjek yang memiliki tipe kepribadian idealist. Pemilihan subjek tersebut didasarkan dari hasil angket tipe kepribadian peserta didik. Penyebaran angket kepribadian ini dilakukan secara online. Peneliti mengirimkan link google form yang berisi angket kepribadian ke nomor whatsapp masing-masing peserta didik. Selanjutnya peserta didik dapat mengisinya di gadget masing-masing dengan mengklik link yang sudah dikirimkan oleh peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara secara online. Jenis tes tertulis tersebut berupa soal uraian HOTS yang terdiri dari satu soal. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikator proses pemodelan masalah matematika. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, peserta didik dengan tipe kepribadian rational memenuhi beberapa indikator proses pemodelan masalah matematika menurut teori Blum Leiβ yaitu di tahap construction, simplifying, mathematizing, working mathematically dan validating. Sedangkan peserta didik dengan tipe kepribadian idealist memenuhi beberapa indikator proses pemodelan masalah matematika menurut teori Blum Leiβ yaitu di tahap construction, simplifying, mathematizing dan working mathematically.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Humairoh, Durrotuldurrotul3@gmail.comD04216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Kepribadian
Matematika
Keywords: Pemodelan Matematika; Kepribadian Keirsey; Rational; Idealist.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Durrotul Humairoh
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:04
Last Modified: 12 Apr 2021 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47489

Actions (login required)

View Item View Item