Inovasi sekolah yang unggul dan berkualitas di Madrasah Ibtidaiyah Assa’diyah Kemlagigede Turi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Ulyatul (2021) Inovasi sekolah yang unggul dan berkualitas di Madrasah Ibtidaiyah Assa’diyah Kemlagigede Turi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulyatul Hasanah_D9121703.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pada skripsi ini mempunyai tujuan 1) untuk mengetahui dan memahami Upaya yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Assa’diyah Kemlagigede Turi Lamongan dalam melaksanakan inovasi sekolah yang unggul dan berkualitas, 2) untuk mengetahui dan memahami Bentuk inovasi sekolah yang unggul dan berkualitas yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Assa’diyah Kemlagigede Turi Lamongan, 3) untuk mengetahui dan memahami Hambatan yang dihadapi Madrasah Ibtidaiyah Assa’diyah Kemlagigede Turi Lamongan dalam mengupayakan inovasi sekolah yang unggul dan berkualitas. Metode penelitian pada skripsi ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi; tahap pra lapangan, tahap penelitian, tahap penulisan laporan. Dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang meliputi; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi 1) Memperbaharui semua fasilitas yang ada di madrasah, Memunculkan program-program baru yang memang belum ada sebelumnya, Upaya-upaya untuk menjalankan program tersebut adalah dengan mengatur waktu dalam pelaksanaan, dan dilaksanakan dengan metode-metode yang sesuai dengan keadaan siswa, kemudian penambahan perpustakaan mini yang ada disetiap pojok kelas, ditambahnya jam kunjung keperpustakaan dan penambahan buku-buku bacaan, serta pembiasaan sebelum memulai pembelajaran para siswa mempunyai waktu 15 menit untuk membaca bacaan yang ada diperpustakaan kelas, selanjutnya pemenuhan sarana untuk menunjang program-program tersebut serta mengupayakan pembiasaan akhlak terpuji untuk semua siswa, 2) Bentuk inovasi sekolah yang unggul dan berkualitas yaitu berupa pembaharuan dibidang fasilitas. Pembaharuan dalam penerimaan tenaga pendidik yang sudah terkualifikasi S1 semua dibidangnya masing-masing. untuk inovasi yang lain yaitu program-program baru yang memang belum ada sebelumnya antara lain program madrasah tahfidz, program ini menjadi program prioritas (unggulan) yang ada di MI Assa’diyah, kemudian program gerakan literasi madrasah, program pengembangan diri, dibukanya kelas bilingual school serta program pembiasaan berbicara bahasa asing dihari-hari tertentu, program kelas khusus matematika dan ilmu pengetahuan alam, serta program bimbingan belajar untuk semua jenjang kelas, 3) Hambatannya adalah dana pendidikan yang masih tergolong kurang, sistem kekuasaan misalnya perebutan jabatan serta mementingkan kepentingan pribadi, kurang kesadaran sikap displin bagi guru dan siswa, penggunaan metode belajar yang kurang menarik, kurang memanfaatkan teknologi, hambatan selanjutnya yaitu benturan kegiatan siswa, yang terakhir pada sarana prasarana yang sudah mulai rusak agar sesegera mungkin di perbaiki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Ulyatululyatulhasanah1@gmail.comD91217073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Inovasi; Madrasah Unggul; Berkualitas.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulyatul Hasanah
Date Deposited: 21 Apr 2021 00:08
Last Modified: 21 Apr 2021 00:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47490

Actions (login required)

View Item View Item