Abu Ubayd al-Qāsim (157-224 H): pemikiran ekonomi dan kesejahteraan sosial dalam Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'ruf, Anang (2021) Abu Ubayd al-Qāsim (157-224 H): pemikiran ekonomi dan kesejahteraan sosial dalam Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anang Ma'ruf_A92216060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan sosial-intelektual yang digunakan sebagai perspektif historis pada aspek pemikiran Islam yang memancing interaksi sosial antara satu pemikir dengan yang lain. Adapun teori yang digunakan sebagai alat bantu dalam penelitian ini adalah teori kritis oleh Jurgen Habermas. Pada masa modern sekarang ini, ilmu ekonomi seolah hanya berkiblat kepada pemikir-pemikir Barat. Padahal jauh sebelum itu, dalam perjalanan sejarah umat Islam dapat di jumpai banyak sekali tokoh yang membincangkan persoalan ekonomi. Salah satu tokoh ini adalah Abu Ubayd al-Qāsim, dia merupakan tokoh muslim yg mempunyai keahlian diberbagai bidang ilmu pengetahuan. Khususnya dalam bidang Ekonomi dia mempuyai karya yang berjudul al-Amwāl. Bahkan karyanya tersebut itulah yang diindikasikan telah banyak dijadikan rujukan oleh Adam Smith seorang bapak ekonomi Barat dalam bukunya yang berjudul The Wealth Of Nations. Dari penelitian kajian pustaka yang telah diteliti, permasalahan yang dipaparkan memiliki jawaban sebagai berikut. Abu Ubayd al-Qāsim bin Salām bin Miskin Bin Zaid al-Azdi, lahir di kota Herat, Provinsi Khurasan pada tahun 157 H/774 M. Pemikiran ekonomi dan kesejahteran oleh Abu Ubayd adalah keberadaan negara yang menjalankan fungsinya dengan baik, dan berlandaskan al-Qur’an dan as-Sunnah, yang mengedepankan nilai keadilan. Pemikiran Abu Ubayd ini mempunyai pengaruh dikalangan tokoh muslim maupun tokoh pemikir ekonomi dimasa modern hingga sampai sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'ruf, Ananganangmrf17@gmail.comA92216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Keywords: Abu Ubayd; Ekonomi Islam; Kesejahteran Sosial.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Anang Ma'ruf
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:08
Last Modified: 12 Apr 2021 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47491

Actions (login required)

View Item View Item