Penerapan laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba berdasarkan ISAK 35: studi kasus pada organisasi Pemuda Peduli Dhuafa di Gresik tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghozali, Shollakhudin (2021) Penerapan laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba berdasarkan ISAK 35: studi kasus pada organisasi Pemuda Peduli Dhuafa di Gresik tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shollakhudin Ghozali_G72216055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan objek sebagai studi kasus penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara pada pemberi informasi yakni ketua umum serta ketua bidang keuangan dan administrasi organisasi Pemuda Peduli Dhuafa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan organisasi Pemuda Peduli Dhuafa tahun 2020 hanya menyajikan laporan hasil kegiatan, laporan bulanan, dan laporan tahunan secara sederhana yakni pemasukan dan pengeluaran. Organisasi belum menerapkan pedoman penyajian laporan keuangan secara umum maupun secara khusus yakni ISAK 35. Oleh karena itu, peneliti menyusun ulang laporan keuangan organisasi Pemuda Peduli Dhuafa yang tersedia untuk disesuaikan dengan laporan keuangan sesuai ISAK 35. Laporan keuangan organisasi Pemuda Peduli Dhuafa tahun 2020 berdasarkan ISAK 35 berisi laporan penghasilan komprehensif, laporan arus kas, laporan perubahan aset neto, dan laporan posisi keuangan serta catatan atas laporan keuangan. Untuk selanjutnya, diharapkan organisasi Pemuda Peduli Dhuafa dapat menerapkan laporan keuangan sesuai peraturan yang berlaku yakni ISAK 35, seperti yang telah disusun dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghozali, Shollakhudinblack.stremzz@gmail.comG72216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imamibelee2609@gmail.com2026096801
Subjects: Akuntansi
Keywords: Laporan keuangan; ISAK 35.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: shollakhudin Ghozali
Date Deposited: 12 Apr 2021 22:24
Last Modified: 12 Apr 2021 22:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47498

Actions (login required)

View Item View Item