Penerapan model pembelajaran kontekstual sebagai strategi peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Titin Nur (2021) Penerapan model pembelajaran kontekstual sebagai strategi peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titin Nur Hamidah_D91217071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan, sedangkan sampel dalam penelitian ini mengambil 10% sampel dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fikih di MTsN 1 Lamongan dilakukan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai pegangan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. 2) Penerapan model pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran fikih di MTsN 1 Lamongan termasuk dalam kategori baik, hal ini terlihat dari hasil analisis data observasi aktivitas guru yang menunjukkan nilai rata-rata 4,39, sedangkan hasil dari analisis observasi siswa menunjukkan nilai rata-rata 4,41. 3) Minat siswa terhadap mata pelajaran fikih setelah menerapkan model pembelajaran kontekstual di MTsN 1 Lamongan termasuk dalam kategori sangat tinggi, hal ini terlihat dari dari hasil analisis data angket yang memperoleh nilai 3.340 dengan persentase 81,86%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Titin Nurtitinhamidah8@gmail.comD91217071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Perencanaan; Penerapan; Minat belajar; Model pembelajaran kontekstual.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Titin Nur Hamidah
Date Deposited: 12 Apr 2021 22:27
Last Modified: 12 Apr 2021 22:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47499

Actions (login required)

View Item View Item