Pertimbangan hukum jaksa agung pada Diskresi Deponering kasus pidana Bambang Widjojanto dalam kajian hukum pidana Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

al Baihaqi, Ambaransyah Pradipta (2020) Pertimbangan hukum jaksa agung pada Diskresi Deponering kasus pidana Bambang Widjojanto dalam kajian hukum pidana Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ambaransyah Pradipta ALBaihaqi_C03213008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Kemudian data yang dihimpun dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yaitu pemecahan masalah dengan mengumpulkan data dan menggambarkan keadaan obyek lalu disusun, dijelaskan, dianalisis dan diinterpretasikan, kemudian ditarik kesimpulan secara deduktif, yaitu dari hal yang umum menuju ke hal yang khusus. Dalam penelitian ini memaparkan teori alasan pengampunan dalam hukum pidana Islam untuk menganalisis terhadap pertimbangan hokum Jaksa Agung pada diskresi deponering kasus pidana Bambang Widjojanto. Hasil penelitian menyimpulkan, terdapat tiga alasan yang menjadi pertimbangan hukum Jaksa Agung dalam perkara tersebut yaitu, pertama terkait alasan filosofis, kedua terkait alasan sosiologis, dan yang ketiga terkait alasan yuridis. Kemudian dalam pandangan hukum pidana Islam pengesampingan perkara dapat dilakukan dengan catatan terdapat pertimbangan yang berkaitan dengan kepentingan umum. Akan tetapi dalam kasus pidana tersebut, deponering tidak dapat dilaksanakan karena tidak ada urgensinya demi kamaslahatan umat. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan adanya pembaharuan undang-undang tentang kewenangan Jaksa Agung dalam pengesampingan perkara, serta peningkatan profesionalitas di tubuh lembaga- lembaga yuridis Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
al Baihaqi, Ambaransyah Pradiptaambaransyahalbaihaqi@gmail.comC03213008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.Hatta_marina@yahoo.com2026107104
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Diskresi Deponering Kasus Pidana Bambang Widjojanto; Diskresi Deponering; Kasus Pidana Bambang Widjojanto.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: S.H Ambaransyah Pradipta ALBaihaqi
Date Deposited: 24 May 2021 02:04
Last Modified: 24 May 2021 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47501

Actions (login required)

View Item View Item