Profil tingkat kemampuan metakognitif siswa berdasarkan teori Swartz dan Perkinz dalam memecahkan masalah matematika dibedakan dari gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Kiki Yosi Fatmah (2021) Profil tingkat kemampuan metakognitif siswa berdasarkan teori Swartz dan Perkinz dalam memecahkan masalah matematika dibedakan dari gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Yosi Fatmah Wati_D04216018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tingkat kemampuan metakognitif siswa berdasarkan teori Swartz dan Perkinz merupakan tingkat kemampuan siswa terkait kesadarannya tentang proses dan hasil berpikirnya sendiri yang meliputi tacit use (penggunaan pemikiran tanpa kesadaran), aware use (penggunaan pemikiran dengan kesadaran), strategic use (penggunaan pemikiran yang bersifat strategis), reflective use (penggunaan pemikiran yang bersifat reflektif). Setiap siswa memiliki cara yang berbeda untuk melihat, mengenal, dan mengorganisasi informasi (gaya kognitif). Perbedaan gaya kognitif ini dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan metakognitif siswa berdasarkan teori Swartz dan Perkinz yang bergaya kognitif field independent dan field dependent dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa dengan ketentuan dua siswa bergaya kognitif field independent dan dua siswa bergaya kognitif field dependent dari kelas VIII-C SMP Negeri 1 Beji. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil data tugas pemecahan masalah dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Siswa yang memiliki gaya kognitif FI berada pada tingkat kemampuan metakognitif strategic use (penggunaan pemikiran dengan strategis). (2). Siswa yang memiliki gaya kognitif FD berada pada tingkat kemampuan metakognitif strategic use (penggunaan pemikiran dengan strategis), dan aware use (penggunaan pemikiran dengan kesadaran).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Kiki Yosi Fatmahkiki97kyf@gmail.comD04216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Keywords: Tingkat kemampuan metakognitif; Masalah matematika; Gaya kognitif; Field independent; Field dependent.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kiki Yosi Fatmah Wati
Date Deposited: 12 Apr 2021 21:57
Last Modified: 12 Apr 2021 21:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47509

Actions (login required)

View Item View Item