Kreativitas guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar siswa melalui pembelajaran daring di MTsN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardah, Rikhatul (2021) Kreativitas guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar siswa melalui pembelajaran daring di MTsN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rikhatul Wardah_D91217129.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenisspeneliatian ini ialah penelitian lapangan (field research) mengambil data dari lapangan, dengan penggunaan metode kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi: a) Tahap perencanaan, b) Tahap pelaksanaan, c) Tahap analisis data, d) Tahap pelaporan. Teknik analisis datanya dengan mereduksi data, menyajikan data, dan memberi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Guru sudah mengoptimalkan kreativitasnya dalam mengembangkan strategi, metode, serta media yang menarik untuk pembelajaran daring berbantu aplikasi seperti e-Learning, whatsapp, aplikasi youtube ada juga yang menggunakan google form, power poin, dan pembelajaran bentuk proyek dengan berisikan konten-konten video pembelajaran, 2) faktor pendukungnya ialah kesukaan guru untuk membaca, melihat, mencari informasi terkait media dan metode pembelajaran, adanya keaktifan guru dalam mengikuti pelatihan untuk guru PAI, Kerjasama antar guru, 3) faktor penghambat kreativitas dan solusinya ialah kemampuan yang dimiliki oleh guru, kemampuan siswa yang berbeda-beda, susahnya jaringan internet yang dimiliki siswa, keterbatasan tatap muka sehingga sulit berinteraksi. Solusi untuk menhadapinya ialah mengikuti pelatihan guru, memberi pembelajaran yang intensif untuk siswa yang berkemampuan rendah, menghubungi teman yang dekat dengan rumahnya untuk membantu temannya yang kesulitan, tetap memberikan pelayanan yang terbaik untuk peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardah, Rikhatulrikhatulwardah@gmail.comD91217129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Guru
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Kreativitas Guru PAI; Minat Belajar; Pembelajaran Daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rikhatul Wardah
Date Deposited: 20 Apr 2021 23:53
Last Modified: 20 Apr 2021 23:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47520

Actions (login required)

View Item View Item