Analisis Miskonsepsi Siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika menggunakan peta konsep ditinjau dari Gaya Belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adilah, Adilah (2021) Analisis Miskonsepsi Siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika menggunakan peta konsep ditinjau dari Gaya Belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adilah_D74216038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yang diambil adalah 6 dari 20 siswa PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Sekolah Peradaban Surabaya yang meliputi 2 subjek gaya belajar visual, 2 subjek gaya belajar auditorial dan 2 subjek gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes menyelesaikan masalah matematika menggunakan peta konsep dan wawancara. Data hasil tes kemudian dijadikan pedoman untuk mendeskripsikan data dan menganalisis data berdasarkan kesesuaian indikator jenis miskonsepsi. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Siswa gaya belajar visual mengalami miskonsepsi klasifikasional meliputi: kesalahan menyebutkan letak konstanta, variabel, dan koefisien serta kesalahan menuliskan permisalan x dan y. Miskonsepsi korelasional meliputi: kesalahan menyelesaikan contoh soal ke dalam metode grafik. Miskonsepsi teoritikal meliputi: kesalahan membuat contoh soal yang berhubungan dengan SPLDV. (2) Siswa gaya belajar auditorial mengalami miskonsepsi klasifikasional meliputi: kesalahan menuliskan permisalan x dan y serta kesalahan memberikan kesimpulan jawaban. Miskonsepsi korelasional meliputi: kesalahan menyelsaikan soal ke dalam metode eliminasi, kesalahan menyelesaikan contoh soal ke dalam metode grafik. (3) Siswa gaya belajar kinestetik mengalami miskonsepsi klasifikasional meliputi: kesalahan menuliskan permisalan x dan y serta kesalahan memberikan kesimpulan jawaban. Miskonsepsi korelasional meliputi: kesalahan menyelesaikan soal ke dalam metode subtitusi serta kesalahan menyelesaikan soal ke dalam metode grafik. Miskonsepsi teoritikal meliputi: kesalahan membuat contoh soal yang berhubungan dengan SPLDV.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adilah, Adilahakuadilah45@gmail.comD74216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Miskonsepsi; Peta Konsep; Gaya Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Adilah Adilah Adilah
Date Deposited: 14 Apr 2021 11:36
Last Modified: 14 Apr 2021 11:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47523

Actions (login required)

View Item View Item