Pengaruh kinerja lingkungan, pertumbuhan perusahaan dan size perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure: studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2019)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Fadilah Nur (2021) Pengaruh kinerja lingkungan, pertumbuhan perusahaan dan size perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure: studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2019). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadilah Nur Azizah_G72217059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan sebuah riset Centre for Governance Institutions and Organizations National University of Singapore (NUS) Business School yang menyatakan bahwa praktik tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia masih sangatlah rendah dengan nilai sebesar 48,4%. Hal tersebut diikuti juga oleh penemuan Kementerian Perindustrian terkait kasus pelanggaran Corporate Social Responsibility Disclosure selama tahun 2018-2019. Di mana perusahaan manufaktur di Jakarta telah melakukan pencemaran lingkungan yang didominasi presentase pencemaran paling tinggi oleh perusahaan tekstil sebesar 70,9% diikuti oleh industri sektor makanan dan minuman 5,8%, industri logam 4,9%, industri kimia sebesar 4,4% serta industri kertas dan pulp sebesar 3,6%. Selain itu, bahwa limbah industri menyumbang 349.000 Ton per hari di Sungai Citarum yang menjadi sungai terburuk di Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan pelanggaran CSRD yang membuang limbah B3 di sembarang tempat dan tidak menerapkan konsep tripple bottom line dengan baik. Sehingga penelitian skripsi ini berjudul “Pengaruh Kinerja Lingkungan, Pertumbuhan Perusahaan dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2019)”. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen kinerja lingkungan, pertumbuhan perusahaan dan size perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan menggunakan data sekunder berupa annual report perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2019 serta hasil PROPER kinerja lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang telah didapatkan sebesar 86. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis regresi berganda untuk pengujian hipotesis dan menggunakan program SPSS 25 dalam mengolah datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Sedangkan hasil pertumbuhan penjualan menunjukkan tidak adanya pengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Variabel independen Size perusahaan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya yaitu menggunakan periode pengamatan yang lebih lama dan menggunakan objek yang lebih luas, sehingga hasil yang diperoleh semakin baik. Selain itu, sebaiknya penelitian ini mampu menjadikan Corporate Social Responsibility Disclosure pada setiap program perusahaan dapat ditingkatkan lagi secara berkelanjutan, sehingga perusahan akan tumbuh mendapat dukungan dari pihak stakeholder.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Fadilah Nurfadilahnurazizah59@gmail.comG72217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nuruln.lathifah@uinsby.ac.id198905282018012001
Subjects: Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keywords: Kinerja Lingkungan; Pertumbuhan Perusahaan; Size Perusahaan; dan Corporate Social Responsibility Disclosure.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Fadilah Nur Azizah
Date Deposited: 14 Apr 2021 14:56
Last Modified: 14 Apr 2021 14:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47540

Actions (login required)

View Item View Item