Analisis representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended dengan creative poblem solving dibedakan dari gaya belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Utiya Lailatul (2021) Analisis representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended dengan creative poblem solving dibedakan dari gaya belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Utiya Lailatul Afifah_D74216113.pdf

Download (1MB)

Abstract

Representasi dianggap memiliki peran penting dalam menyelesaikan masalah salah satunya masalah open-ended. Dalam menyelesaikan masalah open–ended tahap yang digunakan pada penelitian ini adalah tahap creative problem solving. Setiap siswa memiliki perbedaan dalam menyelesaikan masalah open-ended dengan creative problem solving. Perbedaan tersebut disebabkan karena gaya belajar masing-masing siswa yang berbeda. Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah open-ended dengan creative problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini diambil 6 siswa dari 31 siswa kelas IX-B MTsN 3 Mojokerto yang dipilih berdasarkan gaya belajar dimana masing-masing gaya belajar diwakili oleh 2 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis berupa masalah open-ended untuk mengetahui data jenis representasi matematis siswa dan wawancara untuk menguatkan serta melengkapi hasil tes tulis. Setelah data penelitian diperoleh dilakukan analisis data berdasarkan indikator representasi matematis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu representasi matematis yang digunakan oleh siswa gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah open-ended dengan creative problem solving antara lain representasi visual, ekspresi matematik, dan verbal, namun lebih dominan menggunakan representasi ekspresi matematik dan verbal. Representasi yang digunakan oleh siswa gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah open-ended dengan creative problem solving antara lain representasi visual, ekspresi matematik, dan verbal, namun lebih dominan menggunakan representasi verbal. Sedangkan representasi yang digunakan oleh siswa gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah open-ended dengan creative problem solving antara lain representasi visual, ekspresi matematik, dan verbal, namun lebih dominan menggunakan representasi ekspresi matematik dan verbal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Utiya Lailatulafifahutiya@gmail.comD74216113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Matematika
Keywords: Representasi Matematis; Open-ended; Creative Problem Solving; Gaya Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Utiya Lailatul Afifah
Date Deposited: 26 Apr 2021 22:42
Last Modified: 26 Apr 2021 22:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47552

Actions (login required)

View Item View Item