Analisis hukum Islam terhadap praktik sewa-menyewa perlengkapan pernikahan di Mutiara Cinta Wedding Organizer Benowo Krajan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Aghnia Faza (2022) Analisis hukum Islam terhadap praktik sewa-menyewa perlengkapan pernikahan di Mutiara Cinta Wedding Organizer Benowo Krajan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aghnia Faza Nabilah_C92218107.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Benowo Krajan, Kec. Pakal, Kel. Benowo, Surabaya. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan pola pikir deduktif, yaitu memaparkan landasan teori tentang ijarah dalam hukum Islam yang digunakan untuk meninjau dan menganalisis praktik sewa-menyewa perlengkapan pernikahan di Mutiara Cinta Wedding Organizer Benowo Krajan Surabaya untuk mengetahui status hukumnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertama, praktik sewa-menyewa yang dilakukan Mutiara Cinta Wedding Organizer dapat dilakukan baik secara online atau offline dengan menentukan jenis perlengkapan pernikahan yang ingin disewa dan disertai dengan harga sewa yang disepakati kedua belah pihak. Dalam praktiknya, kendala dilapangan tidak dapat terlewatkan, seperti objek sewa yang kurang lengkap, ukuran dan wujud dekorasi yang tidak sesuai atau cacat dan batas waktu pembayaran yang ditunda-tunda. Kedua, Praktik sewa-menyewa perlengkapan pernikahan di Mutiara Cinta Wedding Organizer telah memenuhi rukun dari akad ijarah, namun tidak memenuhi beberapa syarat sah dari ijarah. Maka, praktik sewa-menyewa perlengkapan pernikahan di Mutiara Cinta Wedding Organizer tidak sesuai dengan hukum Islam karena tidak terpenuhinya salah satu syarat sah ijarah yakni, objek ijarah yang tidak dapat diserahkan dan digunakan dengan baik karena adanya kecacatan dan ketiadaan di dalam objek akad ijarah, sehingga objek tidak dapat dimanfaatkan, serta pembayaran upah tidak diberikan dengan tepat waktu. Sehingga, menyebabkan akad tersebut tidak sempurna (fasid/cacat), maka akad tersebut tidak sah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Aghnia Fazanianabilah12@gmail.comC92218107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Nikah
Sewa
Keywords: Sewa; nikah; wedding
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2022 02:34
Last Modified: 12 Feb 2022 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47554

Actions (login required)

View Item View Item