Hubungan antara keadilan distributif dengan social loafing pada mahasiswa fakultas psikologi dan kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permadi, Rio (2021) Hubungan antara keadilan distributif dengan social loafing pada mahasiswa fakultas psikologi dan kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rio Permadi_J71216126.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Keadilan Distributif dengan Social Loafing pada mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Tehnik pengumpulan data menggunakan skala Keadilan Distributif dan skala Social Loafing. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 92 orang mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya yang terdiri dari 66 subjek berjenis kelamin perempuan dan 26 subjek berjenis kelamin laki-laki. Analisa data menggunakan bantuan SPSS dengan tehnik spearman’s rho. Berdasarkan analisa data, diketahui bahwa perolehan nilai koefisien korelasi sebesar -0,581 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti terdapat hubungan antar variabel, menunjukkan hipotesis diterima. Tanda hubungan negatif menunjukkan bahwa semakin tinggi Keadilan Distributif semakin rendah Social Loafing. Artinya semakin besar persepsi individu merasakan keadilan atas outcome atau hasil yang dia terima maka akan semakin rendah kemungkinan individu mengalami penurunan motivasi dan kinerjanya di dalam suatu kelompok, begitu pula sebaliknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permadi, Riorio.pisces98@gmail.comJ71216126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmarizmafpk@uinsby.ac.id2012037402
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Keadilan Distributif; Social Loafing; Mahasiswa Psikologi.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rio Permadi
Date Deposited: 18 Apr 2021 17:43
Last Modified: 18 Apr 2021 17:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47567

Actions (login required)

View Item View Item