Nilai edukatif dalam film "Ada Surga Dirumahmu" karya Aditya Gumay dan relevansinya dengan materi Pendidikan Agama Islam di SMA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Triabadi, Nur Ikhsan (2021) Nilai edukatif dalam film "Ada Surga Dirumahmu" karya Aditya Gumay dan relevansinya dengan materi Pendidikan Agama Islam di SMA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Ikhsan Triabadi_D91217124.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysys) dan menggunakan pendekatan semiotik, data diperoleh dari dokumentasi gambar, teks, dan adegan. Data dianalisa dengan cara memutar film, mereduksi data atau memilih data dan mengambil data yang diperlukan, menyajikan data dalam bentuk tulisan dan gambar, mengklasifikasi data dan mengaitkan data dengan materi pendidikan agama islam di SMA. Hasil menunjukkan bahwa didalam film “Ada Surga Dirumahmu” terdapat nilai edukatif diantaranya ialah nilai aqidah berupa iman kepada Allah, iman kepada Nabi dan Rasulullah, iman kepada qada’ dan qadar, nilai syar’iyah berupa ibadah lisan, shalat berjama’ah, haji, berpuasa dan menutup aurat, serta nilai akhlak diantaranya akhlak kepada orang tua, akhlak kepaada diri sendiri, akhlak kepada orang lain, akhlak kepada tumbuha, dan akhlak kepada binatang yang relevan dengan materi pendidikan agama islam yaitu aspek nilai aqidah, nilai syar’iyah, dan nilai akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Triabadi, Nur Ikhsannurikhsant@gmail.comD91217124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorMustofa, M.mustofahuda819@gmail.com2012025701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Materi
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Nilai edukatif: Film ada surga dirumahmu; Materi pendidikan agam islam di SMA.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Ikhsan Triabadi
Date Deposited: 18 Apr 2021 17:33
Last Modified: 18 Apr 2021 17:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47568

Actions (login required)

View Item View Item