Pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini (5-6 tahun) pada masa pandemi covid-19 di RA Mambaul Hisan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ludiawati, Wahyuningtias (2021) Pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini (5-6 tahun) pada masa pandemi covid-19 di RA Mambaul Hisan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyuningtias Ludiawati_D98216058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran Bahasa Inggris biasanya diberikan kepada jenjang sekolah dasar, namun di era globalisasi ini ternyata pembelajaran Bahasa Inggris mulai diajarkan dan diterapkan pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Terdapat kekhawatiran karena kurangnya metode dalam pembelajaran bahasa Inggirs serta penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan ; (1)Menjelaskan mengenai pembelajaran Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 Tahun di RA Mambaul Hisan Surabaya.(2)Mendeskripsikan mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 Tahun di RA Mambaul Hisan Surabaya. (3)Mengetahui mengenai Kemampuan Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di RA Mambaul Hisan Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif sebagai pendekatan penelitian. Subyek penelitian yakni guru kelas B1, B2, B3 dan siswa kelompok B, yakni terdiri dari B1 17 siswa, B2 18 siswa, dan B3 17 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Lalu teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Lalu hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1)Pada masa pandemi pembelajaran dilakukan secara luring dan daring, dengan tetap menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris yang aktif. Pembelajaran Bahasa Inggris dilakukan dengan memberikan vocab, short expression, dan kalimat sederhana yang sesuai dengan tema dengan menggunakan metode bernyanyi dan pembiasaan.(2) Faktor pendukung pembelajaran Bahasa Inggris sendiri didukung oleh sarana dan prasana yang memadai seperti tersedianya media pembelajaran. Selain itu setiap guru selalu memperbarui kemampuan kosa katanya serta orang tua ikut memberikan follow up. faktor penghambat adalah mood anak yang berubah- ubah.(3) Pada kelas Pada kelas B1 terdapat 11 anak yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang cukup bagus dan terdapat 6 anak yang kurang mampu dalam kemampuan Bahasa Inggris. Pada kelas B2 13 anak yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup bagus dan terdapat 5 anak yang kurang mampu. Pada kelas B3 13 anak memiliki kemampuan anak dalam Bahasa Inggris yang cukup bagus. Dan sekitar 4 orang anak juga masih kurang dalam kemampuan bahasa Inggris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ludiawati, Wahyuningtiasnarakookies19@gmail.comD98216058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pembelajaran Bahasa Inggris; Kemampuan Bahasa Inggris; Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: wahyuningtias ludiawati
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:05
Last Modified: 21 Apr 2021 06:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47588

Actions (login required)

View Item View Item