Peranan orang tua dalam penanaman nilai-nilai Humanis Religius Anak Usia SD: studi kasus di Desa Wisata Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widayanti, Wahyu Endah (2021) Peranan orang tua dalam penanaman nilai-nilai Humanis Religius Anak Usia SD: studi kasus di Desa Wisata Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Endah Widayanti_D01217032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya keberanian anak usia SD di desa Padusan untuk melakukan kemaksiatan seperti mencuri uang orang tuanya, meninggalkan sholat, berkata kotor, mengabaikan pendidikan(belajar). Sehingga orang tua memiliki peran untuk bertanggung jawab dalam mengawasi dan memperhatikan segala aktivitas anak dan mendidik anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Nilai humanis religius anak usia SD di desa wisata Padusan, kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto, (2) Peranan orang tua dalam penanaman nilai-nilai humanis religius pada anak usia SD di desa wisata Padusan, kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto. (3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai humanis religius anak usia SD di di desa wisata Padusan, kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif , dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa : (1) Nilai Humanis Religius anak usia sekolah dasar di desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto sudah mampu menunjukkan akhlak serta hubungan yang humanis religius dalam berbagai aspek yaitu aqidah, ibadah, akhlak, serta sikap toleran untuk tidak melakukan maksiat dengan baik (2) Peranan orang tua dalam penanaman nilai nilai humanis religius anak usia SD adalah sebagai suri tauladan bagi anak-anaknya dan juga orang tua sebagai pendidik bagi anak-anaknya, dalam menjalankan peran sebagai pendidik orang tua menggunakan metode nasehat, pembiasaan, perhatian dan pengawasan, serta menerapkan keterbukaan(komunikasi) antara orang tua dan anak. Serta nilai-nilai humanis religius yang ditanamkan meliputi nilai kepedulian, nilai persaudaraan(ukhuwah), nilai kerjasama, serta beberapa nilai-nilai kehidupan lainnya seperti nilai keagamaan, nilai sopan santun, nilai tanggung jawab, dan nilai kebebasan kreativitas. (3) Faktor pendukungnya adalah meliputi lingkungan keluarga yang mendukung, komunikasi yang baik, perekonomian keluarga yang baik, kegiatan keagaaman yang menunjang, tersedianya lembaga pendidikan islam, pemerintahan desa yang mendukung. Dan faktor penghambatnya meliputi kurangnya pemahaman orang tua dalam mendidik anak, kurangya perhatian dan waktu untuk anak, perkembangan teknologi seperti gadget, rasa malas, serta pengaruh negative dari wisata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widayanti, Wahyu Endahwahyuendah47@gmail.comD01217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Akhlak
Anak
Pendidikan Islam
Keywords: Peran Orang Tua; Penanaman; Nilai-Nilai Humanis Religius.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyu Endah Widayanti
Date Deposited: 26 Apr 2021 05:45
Last Modified: 26 Apr 2021 05:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47591

Actions (login required)

View Item View Item