Pengembangan soal tes berbasis quizizz sebagai alat evaluasi untuk menumbuhkan motivasi berkompetisi peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Rabilla Rizki (2021) Pengembangan soal tes berbasis quizizz sebagai alat evaluasi untuk menumbuhkan motivasi berkompetisi peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rabilla Rizki Cahyani_D04216029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pelaksanaan penilaian atau evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik, sebagian besar guru masih menggunakan cara tes tulis. Hal tersebut menyebabkan proses perhitungan nilai per item soal membutuhkan waktu yang cukup lama. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang dapat mempermudah proses penilaian dan memberikan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini dikembangkan untuk mempermudah guru dalam melaksanakan penilaian dan dapat menciptakan suasana pelaksanaan evaluasi yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan keefektifan soal tes evaluasi berbasis quizizz, serta untuk mengetahui pertumbuhan motivasi berkompetisi peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui validasi ahli media, validasi ahli materi, angket respon peserta didik, soal tes evaluasi, dan angket motivasi berkompetisi peserta didik yang kemudian dari hasil tersebut dilakukan analisis. Hasil perhitungan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Soal tes berbasis quizizz yang dikembangkan berkategori valid dengan nilai rata-rata validasi ahli media 4,07 dan rata-rata validasi ahli materi 4,19; 2) Kepraktisan soal tes berbasis quizizz secara teori mendapatkan rata-rata kualitatif “B” yang bermakna dapat digunakan dengan sedikit revisi, sedangkan secara praktik mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan persentase 87,30%; 3) Reliabilitas soal tes yang diperoleh menggunakan rumus Khuder and Richardson sebesar 0.923 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi; 4) Dari 25 butir soal ada 1 butir soal memiliki tingkat kesukaran yang sulit, 5 butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang, dan 19 soal dengan tingkat kesukaran yang mudah; 5) Dari 25 butir soal ada 12 butir dengan daya beda kategori jelek sekali, 8 butir soal termasuk jelek 3 butir soal kategori cukup, dan 2 butir soal kategori baik; 6) Soal tes evaluasi berbasis quizizz dinyatakan efektif dengan persentase ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 87.5%; 7) Motivasi berkompetisi peserta didik cenderung tinggi dengan persentase sebesar 71.406%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Rabilla Rizkirabillarizki80@gmail.comD04216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Matematika
Keywords: Quizizz; Evaluasi; Motivasi Berkompetisi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rabilla Rizki Cahyani
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:03
Last Modified: 30 Apr 2021 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47600

Actions (login required)

View Item View Item