This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulidiyah, Rizkiyah Jihan (2021) Pengaruh efikasi diri Siswa terhadap kemandirian belajar pada Siswa kelas 7 mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rizkiyah Jihan Maulidiyah_D91217130.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri siswa terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas 7 mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) bagaimana efikasi diri siswa kelas 7 dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo; 2) bagaimana kemandirian belajar siswa kelas 7 dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo; 3) bagaimana pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas 7 dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas 7 di MTs Negeri 1 Sidoarjo tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil berdasarkan rumus Slovin yaitu 80 siswa sebagai responden dari jumlah populasi 327 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket penelitian (skala linkert). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) efikasi diri siswa kelas 7 dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo mendapatkan hasil 85,4% berada pada rentang 80%-100% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. 2) kemandirian belajar siswa kelas 7 dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo mendapatkan hasil 85,5% berada pada rentang 80%-100% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. 3) pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas 7 dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS for Windows versi 21 memperoleh nilai Fhitung sebesar 208.674 dan nilai signifikansi sebesar 0.000. Jadi berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel X (efikasi diri siswa) berpengaruh terhadap variabel Y (kemandirian belajar). Pengaruh variabel bebas (efikasi diri siswa) terhadap variabel tergantung (kemandirian belajar) adalah 72,8 % dan nilai R adalah 0.853 yang berarti bahwa besarnya nilai korelasi/hubungan antar kedua variabel tersebut adalah 0.853. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas 7 dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo. S¬¬elain itu dapat diketahui bahwa efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas 7 dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Sidoarjo memiliki pengaruh yang sangat kuat dikarenakan nilai R sebesar 0.853 berada pada rentang 0.80-1.000.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi Psikologi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Pengaruh; Efikasi Diri; Kemandirian Belajar. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rizkiyah Jihan Maulidiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2021 07:19 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Apr 2021 07:19 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47613 |
Actions (login required)
View Item |