Metode Maternal Reflektif dan Media Visual sebagai alternatif pembelajaran Salat pada siswa Tuna Rungu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Yeri Yayak (2020) Metode Maternal Reflektif dan Media Visual sebagai alternatif pembelajaran Salat pada siswa Tuna Rungu. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yeri Yayak Setiawan_F02318104.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian meta-analisis yaitu suatu teknik statistika untuk menggambarkan hasil dua atau lebih penelitian sejenis sehingga diperoleh paduan data secara kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pustaka, buku atau jurnal sebagai sumber datanya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskritif dan untuk menilai apakah satu hasil meta-analisis `robust' perlu dilakukan uji sensitivitas, antara lain dengan cara membandingkan hasil penelitian. Adapun hasil penelitian bahwa dengan diberi stimulus serta melihat respon pada siswa tuna rungu berefleksi dengan berkata menggunakan metode metode maternal reflektif anak tuna rungu mengamati dan merefleksikan setelah memahami apa yang diajarkan guru bisa digunakan sebagai alternatif dalam membantu mememaksimalkan fungsi dari bicara seorang anak tuna rungu dan memberi pemahaman tersendiri kepada anak tuna rungu tentang apa yang sudah diucapkannya. Hal ini dikarenakan ketika menggunakan metode maternal reflektif dituntut untuk mengungkapkan apa yang mereka ketahui tentang hal yang dipelajari hari itu melalui bicara peran ganda tersebut adalah memberikan stimulus dan menangkap refleksi anak kemudian guru membenarkannya. Sehingga siswa secara reflek akan membahasakan dengan kosa kata mereka. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini metode maternal reflektif dituntut untuk mengungkapkan apa yang mereka metahui tentang hal yang dipelajari hari itu melalui bicara, anak tuna rungu dituntut aktif untuk menggunakan bicarnya dan guru bisa berperan sebagai seseorang yang memahami apa yang di ucapkan oleh anak dan membenarkan ucapan anak ketika anak mengalami kekeliruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Yeri Yayakyeriyayak@gmail.comF02318104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, S. Khorriyatulkhotim_psi@yahoo.com2016117701
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Metode Pembelajaran
Salat
Keywords: Metode Maternal Reflektif; Media Visual; Tuna Rungu; Salat.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yeri Yayak Setiawan
Date Deposited: 21 Apr 2021 05:28
Last Modified: 21 Apr 2021 05:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47614

Actions (login required)

View Item View Item