تحليل محتوى كتاب المطالعة الجزء الأول على تأليف محمود يونس لطلاب الصف الأول بمدرسة السلام المتوسطة الإسلامية بانجيلان توبان عند نظرية محمود كامل الناقة و رشدي أحمد طعيمة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naimah, Nur Hidayatun (2021) تحليل محتوى كتاب المطالعة الجزء الأول على تأليف محمود يونس لطلاب الصف الأول بمدرسة السلام المتوسطة الإسلامية بانجيلان توبان عند نظرية محمود كامل الناقة و رشدي أحمد طعيمة. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Nur Hidayatun Naimah_D92217066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dari dulu sampai sekarang kita tahu bahwa pembelajaran bahasa Arab tidak lepas dari penggunaan kitab sebagai salah satu unsur utama yang ada dalam proses pembelajaran. Namun, tidak semua kitab layak dipakai dalam suatu pembelajaran. Disini, peneliti akan membahas tentang kelayakan suatu isi kitab yaitu kitab Mutholaah juz 1 karya Mahmud Yunus yang dipakai dalam pembelajaran pada peserta didik kelas VII Madrasah Tsanawiyah Assalam Bangilan Tuban disesuaikan dengan teori Mahmud Kamil Annaqah dan Rusydi Ahmad Thuaimah. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa isi dari kitab Mutholaah juz 1 karya Mahmud Yunus adalah muqaddimah, judul- judul bacaan yang disajikan secara bertahap mulai dari mufrodat, susunan kalimat sampai dengan cerita-cerita pendek tentang kehidupan sehari-hari. Kedua, bahwa kitab Mutholaah ini juga dikatakan sesuai dengan siswa/i di MTs Assalam berdasarkan observasi dan analisis peneliti terkait metode pengajaran yang digunakan yaitu metode mubasyarah dan metode sam’iyyah safahiyyah. Namun, guru boleh memilih metode apa yang akan digunakan sesuai dengan situasi pembelajaran. Selain itu, kitab ini cocok karena situasi di MTs Assalam memiliki biah lughowiyah yang bagus sehingga peserta didik mudah dalam mempraktikkan dan mengasah kemampuan bahasanya. Ketiga, isi kitab mutholaah juz 1 telah sesuai dalam beberapa aspek terkait teori Mahmud Kamil Annaqah dan Rusydi Ahmad Thuaimah diantaranya dalam identitas buku, output, karakteristik buku, metode pembelajaran, dan lain lain. Adapun aspek yang tidak sesuai dengan teori adalah tidak adanya soal evaluasi, pembelajaran mandiri, buku guru, dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naimah, Nur Hidayatunhidayatuna16@gmail.comD92217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahserol_seril@yahoo.com2012067602
Thesis advisorSyafii, Syafiisyafii2121@Gmail.com2018107002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Analisis konten; Kitab Mutholaah juz 1.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Hidayatun Naimah
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:38
Last Modified: 22 Apr 2021 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47642

Actions (login required)

View Item View Item