منهج تعليم اللغة العربية للطلاب الجاوي الشرقية (دراسة مقارنة بين المعهد باب السلام موجواجونج جومبانج والمعهد الحكمة فورواأسري كديري)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasiruddin, Muhammad (2020) منهج تعليم اللغة العربية للطلاب الجاوي الشرقية (دراسة مقارنة بين المعهد باب السلام موجواجونج جومبانج والمعهد الحكمة فورواأسري كديري). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nasiruddin_F12618276.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum pembelajaran bahasa Arab, implementasi serta kelebihan dan kekurangannya di di pondok pesantren Babussalam Mojoagung Jombang dan pondok pesantren Al-Hikmah purwoasri kediri. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dari dua pondok tersebut peneliti menemukan perbedaan dari segi orientasi pembelajaran bahasa Arab dan Bahan ajar santri di bidang bahasa Arab. Adapun hasil penelitian adalah: 1) kurikulum pembelajaran bahasa Arab di dua Pondok Pesantren tersebut secara fungsional berperan sebagai pedoman, instrumen, dan tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran, dengan memenuhi unsur-unsur kurikulum yaitu tujuan, isi/bahan ajar, kegiatan pembelajaran dan evaluasi. Keempat unsur tersebut disusun sesuai kebutuhan dan tingkatan siswa. 2) Dalam implementasi kurikulum terdapat kurikulum khusus sesuai dengan orientasi pembelajaran bahasa Arab di dua pondok pesantren tersebut. 3) Kelebihan dari kurikulum pembelajaran bahasa Arab di dua pondok tersebut adalah bahwa kurikulum tersebut sama-sama dirancang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa yakni santri tingkat menengah. Adapun kekurangan dari kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Babussalam mojoagung jombang adalah tidak adanya perencanaan pembelajaran berupa pengembangan silabus bahasa arab, sedangkan kekurangan dari kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Hikmah purwoasri kediri adalah kurangnya pengembangan metode pembelajaran serta penerapan lingkungan bahasa Arab dan tidak adanya perencanaan pembelajaran berupa pengembangan silabus bahasa arab. Adapun pondok pesantren Basussalam menggunakan model Pondok pesantren modern dan Pondok pesantren Al-Hikmah masih menggunakan model Pondok pesantren Tradisional dalam pembelajran bahasa arab

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasiruddin, Muhammadnazeir2930@gmail.comF12618276
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kurikulum; Pembelajaran bahasa arab; Penelitian perbandingan.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mahasiswa Muhammad Nasiruddin
Date Deposited: 26 Apr 2021 22:37
Last Modified: 26 Apr 2021 22:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47643

Actions (login required)

View Item View Item