Problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring semester ganjil kelas IX pada masa pandemi Covid-19 di MTs N Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Fitriyah (2021) Problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring semester ganjil kelas IX pada masa pandemi Covid-19 di MTs N Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriyah_D91217095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran daring menjadi alternatif dalam dunia pendidikan terlebih dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam pelaksanaannya, proses pembelajaran daring tentu tidak selalu berjalan dengan baik, ada hambatan yang menjadikan suatu problematika itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring semester ganjil kelas IX pada masa pandemi Covid-19 di MTs N Gresik, (2) Problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring semester ganjil kelas IX pada masa pandemi Covid-19 di MTs N Gresik, (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring semester ganjil kelas IX pada masa pandemi Covid-19 di MTs N Gresik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring semester ganjil kelas IX pada masa pandemi Covid-19 di MTs N Gresik dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran E-learning madrasah dan media WhatsApp. Guru yang bersangkutan telah menentukan kompetensi dasar yang esensial yang dapat dicapai selama masa pandemi. (2) Problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring semester ganjil kelas IX pada masa pandemi Covid-19 di MTs N Gresik yang terjadi disebabkan karena faktor diantaranya, pertama, faktor pendidik yakni, penguasaan teknologi yang masih rendah, keterbatasan guru dalam mengontrol proses pembelajaran, dan kurangnya keefektifan proses pembelajaran. Kedua, faktor peserta didik, seperti, motivasi belajar yang rendah, pemahaman materi yang rendah, keterbatasan internet. Ketiga, faktor lingkungan, yakni, kurangnya pemantauan orang tua dan pengaruh lingkungan bermain. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring semester ganjil kelas IX di MTs N Gresik diantaranya, meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang teknologi, meningkatkan komunikasi dengan orang tua dan peserta didik, meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan bantuan fasilitas kepada peserta didik yang kurang mampu secara finansial, orang tua harus memperhatikan perkembangan proses pembelajaran anak, dan meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Fitriyahfitriyah2499@gmail.comD91217095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, Mabuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.com2029116901
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Problematika Pembelajaran; Al-Qur’an Hadits; Pembelajaran Daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitriyah Fitriyah
Date Deposited: 22 Apr 2021 05:32
Last Modified: 22 Apr 2021 05:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47646

Actions (login required)

View Item View Item