Pengembangan modul elektronik matematika berbasis RICOSRE untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faida, Ana Nur (2021) Pengembangan modul elektronik matematika berbasis RICOSRE untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Ana Nur Faida_D74216085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam pembelajaran matematika sangat penting. Hal ini disebabkan kemampuan berpikir tingkat tinggi digunakan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik tidak hanya saat proses pembelajaran di kelas namun peserta didik dapat melatihnya dengan belajar secara mandiri. Pada penelitian ini dikembangkan modul elektronik matematika berbasis RICOSRE (RICOSRE yaitu Reading, Identifying the problem, Contructing the solution, Solving the problem, Reviewing the problem solution, and Extending the problem solution) untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, dan kepraktisan modul elektronik matematika yang dikembangkan, serta kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik setelah menggunakan modul elektronik matematika. Modul elektronik matematika dikembangkan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 fase pengembangan, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk/prototipe dan fase penilaian. Modul elektronik matematika diuji cobakan pada 23 peserta didik kelas XI SMAN 1 Kandat Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, validasi ahli, angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pada fase pendahuluan proses pengembangan didapatkan bahwa mayoritas peserta didik tidak pernah ketinggalan membawa smartphone dalam beraktivitas, selanjutnya pada fase pembuatan produk dihasilkan prototipe 1 modul elektronik matematika dengan materi barisan dan deret, kemudian pada fase penilaian modul elektronik matematika dinilai oleh validator dan dihasilkan prototipe 2 modul elektronik matematika yang siap untuk diuji cobakan. Modul elektronik yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 4,375. Modul elektronik matematika juga dinyatakan praktis secara teori maupun secara praktik. Secara teori validator menyatakan modul elektronik matematika dapat digunakan tanpa revisi, sementara secara praktik 78,21% peserta didik merespon positif. Setelah menggunakan modul elektronik matematika, 12 peserta didik dikategorikan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat baik, 8 peserta didik dengan kategori baik, dan 3 peserta didik dengan kategori cukup. Kata kunci : modul elektronik matematika, model pembelajaran RICOSRE, kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faida, Ana Nurananurfaida9656@gmail.comD74216085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Minat Siswa
Keywords: Modul elektronik matematika; Model pembelajaran RICOSRE; Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ana Nur Faida
Date Deposited: 22 Apr 2021 05:26
Last Modified: 22 Apr 2021 05:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47648

Actions (login required)

View Item View Item