Implementasi E-Learning Madrasah dalam pembelajaran Tematik pada masa pandemi Covid-19: studi kasus Kelas V Di Min 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafiyah, Hidayatul (2021) Implementasi E-Learning Madrasah dalam pembelajaran Tematik pada masa pandemi Covid-19: studi kasus Kelas V Di Min 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatul Hafiyah_D07217008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan faktor penggunaan E-Learning Madrasah serta faktor penghambat dan pendukung penggunaan E-Learning Madrasah dalam pembelajaran Tematik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana pendekatan penelitiannya yaitu studi kasus. Data disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi E-Learning Madrasah dalam pembelajaran tematik, guru melakukan desain perencanaan pembelajaran terlebih dahulu dengan membuat kelas online, membuat perangkat pembelajaran, penyediaan bahan ajar. Dari segi pelaksanaan yakni guru dan siswa melaksanakan pembelajaran dari pendahuluan, kegiatan inti, hingga penutup yang disampaikan melalui E-Learning. Setiap pengguna E-Learning Madrasah memiliki akun (user dan password) untuk masuk ke LSM (Learning Management System). Siswa juga dapat mengunduh bahan ajar, mengirim tugas dengan cara mengunggah hasil karya ke LSM. Selanjutnya dari segi evaluasi yakni guru bisa memberikan penugasan melalui E-Learning Madrasah. Kepala sekolah maupun pengawas madrasah juga bisa melakukan monitoring dan penilaian kinerja guru secara online di E-Learning Madrasah. 2) faktor pendukungnya yakni pihak sekolah menyediakan jaringan internet untuk memudahkan guru ketika pembelajaran daring, adanya partisipasi orang tua dalam belajar bersama siswa, dan partisipasi guru dalam menyediakan bahan ajar untuk siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yakni fasilitas yang kurang memadai, kurangnya keterampilan dalam menggunakan E-Learning Madrasah, koneksi internet kurang memadai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafiyah, Hidayatulhidayatulhafiyah87@gmail.comD07217008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffah, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi E-Learing Madrasah; Pembelajaran Tematik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hidayah Hafiyah
Date Deposited: 23 Apr 2021 12:34
Last Modified: 23 Apr 2021 12:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47666

Actions (login required)

View Item View Item