Pelaksanaan ibadah kurban masa pandemi covid-19 di LAZIS Muhammadiyah Lamongan: analisis komparatif fatwa MUI nomor 36 tahun 2020 dan keputusan Majelis Tarjih wa Tajdid pada PP Muhammadiyah nomor 06/Edr/I.0/E/2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Khalwah (2021) Pelaksanaan ibadah kurban masa pandemi covid-19 di LAZIS Muhammadiyah Lamongan: analisis komparatif fatwa MUI nomor 36 tahun 2020 dan keputusan Majelis Tarjih wa Tajdid pada PP Muhammadiyah nomor 06/Edr/I.0/E/2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khalwah Faridah - C95217024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan metode analisis deskriptif untuk memberikan kesimpulan yang diambil melalui pendekatan komparatif. Hasil dari penelitian ini bahwa pelaksanaan ibadah kurban masa pandemi covid-19 LAZIS Muhammadiyah Lamongan adalah berkerja sama dengan mitra-mitra baik dari internal dan eksternal seperti PCM, PDA, PDM, dan PP Al-Mizan Lamongan. Ibadah kurban dilaksanakan pada hari-hari tasyrik serta didistribusikan langsung oleh para anggota LAZIS Muhammaiyah Lamongan, beserta relawan dari IPM dan IMM Lamongan. Kemudian disalurkan kepada target sasaran, seperti; daerah terpencil, tertinggal, dan terluar (3T), kawasan kumuh dan masyarakat miskin, daerah rawan bencana dan pasca bencana, daerah rawan gizi, daerah dakwah da’i pedalaman, dan daerah santri atau pesantren kecil. Menurut fatwa MUI Nomor 36 tahun 2020 bahwa pelaksanaan ibadah kurban saat pandemi covid-19 LAZIS Muhammadiyah Lamongan dilakukan dengan metode taukil atau mewakilkan yaitu menyerahkan dana kepada pihak lain, atau lembaga. Sedangkan sebagaimana keputusan Majelis Tarjih wa Tajdid pada PP Muhammadiyah Nomor 06/Edr/I.0/E/2020 tentang pelaksanaan ibadah kurban saat pandemi covid-19 bahwa LAZIS Muhammadiyah Lamongan telah melaksanakan secara optimal yakni proses pelaksanaan ibadah kurban LAZIS Muhammadiyah Lamongan dengan menyalurkan hewan dan daging lalu didistribusikan kepada target sasaran. LAZIS Muhammadiyah Lamongan juga turut berkontribusi dalam penanggulangan dampak covid-19 yaitu dengan pemberian sembako, alat APD, penyemprotan disenfektan, dan pemberian sabun cair kepada masyarakat yang terdampak dan membutuhkan. Kepada pihak LAZIS Muhammadiyah Lamongan untuk dapat mengembangkan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasinoial yang lebih baik untuk masyarakat, terpercaya dan tetap berkiprah melayani masyarakat. Serta senantiasa mengoptimalkan program-program yang ada dan menciptakan pembaharauan-pembaharuan yang mampu menjawab problematika sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Khalwahkhalwahfaridah@gmail.comC95217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafa’at, Abdul Kholiqkholiqsy@yahoo.com2005067104
Subjects: Ibadah
Kurban
Keywords: kurban; covid-19; Lazismu; MUI; Majelis Tarjih wa Tajdid.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Khalwah Faridah
Date Deposited: 24 Apr 2021 06:49
Last Modified: 24 Apr 2021 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47667

Actions (login required)

View Item View Item