Pengembangan pembelajaran matematika model carousel feedback untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Khotimatul (2021) Pengembangan pembelajaran matematika model carousel feedback untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khotimatul Latifah_D74216060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan agar dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis, diantaranya model carousel feedback, dimana model ini lebih mementingkan pada proses belajar sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat mudah terlatihkan. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model carousel feeback untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa. Perangkat yang dikembangkan antara lain RPP dan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran matematika yang telah dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Plomp yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu: (1) Tahap Investigasi Awal; (2) Tahap Pembuatan Prototipe; dan (3) Tahap Penilaian. Data penelitian diperoleh dari data catatan lapangan (field note) dan data validasi ahli. Kemudian data penelitian yang telah diperoleh diolah dengan menganalisis data hasil catatan lapangan dari lembar catatan lapangan dan menganalisis data hasil validasi dan kepraktisan perangkat pembelajaran dari lembar validasi yang telah diberikan oleh empat orang validator. Hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada tahap investigasi awal diperoleh data tentang kondisi dan suasana pembelajaran di kelas yang kurang kondusif, analisis kurikulum yang digunakan dengan penerapan PPK dan 4C yang belum maksimal dan menyeluruh, analisis karakteristik siswa dimana siswa kurang mampu untuk mengkritisi suatu permasalahan dan cenderung kurang fokus dalam pembelajaran, kemudian analisis materi yang digunakan dalam perangkat pembelajaran yang berdasarkan pada silabus matematika dengan berorientasi pada K-13. Setelah itu pembuatan prototype berupa RPP dan LKS yang selanjutnya akan di validasi oleh 4 orang validator ahli; (2) RPP dinyatakan “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan sebesar 3.47 dan untuk LKS dinyatakan “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan sebesar 3.39; (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan rata-rata kepraktisan RPP dan LKS adalah B oleh ke empat validator yang berarti perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Khotimatulkhotimatullatifahifa@gmail.comD74216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Keywords: Pengembangan; Kemampuan Berpikir Kritis; Model Carousel Feedback.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: khotimatul latifah
Date Deposited: 24 Apr 2021 07:27
Last Modified: 24 Apr 2021 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47685

Actions (login required)

View Item View Item