Pengembangan media Interaktif Berorientasi Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditory, Kinesthetic) pada materi transformasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Khoirun (2021) Pengembangan media Interaktif Berorientasi Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditory, Kinesthetic) pada materi transformasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa_D74215092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap siswa memiliki modalitas belajar yang berbeda-beda. Ada tiga macam modalitas belajar siswa, yaitu belajar dengan melihat (visual), belajar dengan mendengar (auditory), dan belajar dengan gerak dan emosi (kinesthetic). Model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) merupakan alternatif pembelajaran yang berfokus pada pemberian pengalaman belajar secara langsung dan menyenangkan dengan mengkombinasikan ketiga modalitas tersebut. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah media interaktif yang berorientasi model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) pada materi transformasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan media interaktif yang dikembangkan. Media interaktif ini dikembangkan dengan mengacu model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan prototype, dan fase penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan dan validasi ahli. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif dalam proses pengembangannya menghasilkan suatu produk media interaktif. Media interaktif dinyatakan valid dengan persentase nilai rata-rata sebesar 85%. Media interaktif dinyatakan praktis secara teori dengan kategori B atau dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Khoirunkhoirun29nisa@gmail.comD74215092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media Interaktif; Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic, Transformasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khoirun Nisa
Date Deposited: 25 Apr 2021 06:03
Last Modified: 25 Apr 2021 06:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47686

Actions (login required)

View Item View Item