فعالية تطبيق وسيلة التعليم صقراطيف (Socrative) في تعليم مهارة القراءة لدى طلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سياك بحث علمي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufli, Raudotul Hikmah (2021) فعالية تطبيق وسيلة التعليم صقراطيف (Socrative) في تعليم مهارة القراءة لدى طلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سياك بحث علمي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raudatul Hikmah Mufli_D92217031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada saat pandemi seperti saat ini, sekolah-sekolah harus melaksanakan pembelajaran secara jarak jauh atau pembelajaran dari rumah. Hal ini menyebabkan guru harus dapat memilih media pembelajaran yang tepat agar pembelajaran tetap efektif dan juga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diharapkan. Setelah melakukan wawancara dengan guru bahasa Arab di MTsN 1 Siak, peneliti menemukan permasalahan bahwa guru hanya menggunakan aplikasi yang dianggap kurang efektif bagi siswa terutama pada pembelajaran qira’ah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media pembelajaran Socrative pada pembelajaran maharah qira’ah siswa kelas 8 MTsN 1 Siak. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca siswa kela VIII MTsN 1 Siak. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran Socrative pada pembelajaran qira’ah siswa kelas VIII MTsN 1 Siak. 3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran Socrative pada pembelajaran qira’ah siswa kelas VIII MTsN 1 Siak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan uji “t-test”. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Adapun sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII C yang berjumlah 31 orang. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat Efektivitas penerapan Media Pembelajaran Socrative pada Pembelajaran Qira’ah dengan hasil T-Hitung 10,653 dan T-Tabel 2,457, dengan demikian maka penilaian T-Hitung lebih besar dari T-Tabel dan menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufli, Raudotul Hikmahraudotulhikmahmufli@gmail.comD92217031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Media Pembelajaran; Socrative; Keterampilan Membaca.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Raudotul Hikmah Mufli
Date Deposited: 25 Apr 2021 13:14
Last Modified: 25 Apr 2021 13:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47693

Actions (login required)

View Item View Item