Hukum memakan daging penyu: studi komparatif pemikiran ’Imam al-Ramli dengan ’Ibnu Qudamah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Mohd Fathuddin (2021) Hukum memakan daging penyu: studi komparatif pemikiran ’Imam al-Ramli dengan ’Ibnu Qudamah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Mohd Fathuddin Bin Yusuf_C45217016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses penelitian ini adalah proses deskriptif analisis dengan pendekatan komparatif, penelitian ini dilakukan dengan mengambil apa adanya pandangan ’Imam al-Ramli dan ’Ibnu Qudamah tentang hukum memakan daging penyu, kemudian dilakukan analisis komparatif sehingga dapat diambil dan dijadikan sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian dapat ditemukan bahwa ’Imam al-Ramli berpendapat bahwa hukum memakan daging penyu haram, sedangkan menurut ’Ibnu Qudamah hukum memakan daging penyu halal. ’Imam al-Ramli dengan ’Ibnu Qudamah memiliki persamaan dalam menentukan hukum daging penyu yaitu meletakakan Alquran dan hadith sebagai sumber utama dalam menetukan hukum. Kedua, ’Imam al-Ramlidengan ’Ibnu Qudamah adalah penerus dan pengembang mazhab yang mereka pelajari. Perbedaan pendapat terhasil apabila ’Imam al-Ramli mengqiyaskan daging penyu dengan hadith Rasulullah Saw yang melarang membunuh katak, dan al-Ramli menambah dengan menyatakan penyu sebagai hewan yang jijik dan memudharatkan. ’Ibnu Qudamah menghalalkan daging penyu, berdasarkan keumuman hadith Rasulullah Saw yang menghalalkan seluruh hewan yang hidup di laut dan beliau menyamakan penyu sama dengan hewan laut yang lain seperti ikan, akan tetapi daging penyu harus disembelih terlebih dahulu sama seperti hewan yang hidup di daratan. Saran untuk masyarakat agar meraikan perbedaan pendapat, karena perbedaan yang ada menjadi rahmat kepada seluruh umat, dan untuk kepentingan ekosistem yang sejahtera, diharap semua pihak dapat memelihara dan menjaga penyu yang masih ada agar tidak punah ditelan zaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Mohd Fathuddinmohdfathuddinyusuf@gmail.comC45217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatwa, Fajruddinandifajruddinfatwa@gmail.com2013067602
Subjects: Perbandingan Madzhab
Keywords: Hewan Penyu; Daging hewan penyu; Hukum makan daging hewan penyu.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Mohd Fathuddin Yusuf
Date Deposited: 25 Apr 2021 12:40
Last Modified: 25 Apr 2021 12:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47694

Actions (login required)

View Item View Item