Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi ditinjau dari perspektif maslahah: studi kasus pada kampung Lawas Maspati Surabaya Binaan PT Pelindo III Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Lusiana (2021) Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi ditinjau dari perspektif maslahah: studi kasus pada kampung Lawas Maspati Surabaya Binaan PT Pelindo III Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lusiana Dewi_G94217098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data berdasarkan kebenaran atau fakta-fakta yang ada di lapangan. Pengumpulan data diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen, jurnal dan literature lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di Kampung Lawas Maspati Surabaya sebagai kampung binaan dari Pelindo III Surabaya. Kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kampung Lawas Maspati Surabaya adalah kegiatan pemberdayaan kepariwisataan, renovasi fasilitas, mempromosikan produk unggulan UKM dan program pelatihan Bahasa Inggris. Kemudian hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di Kampung Lawas Maspati Surabaya membuat warganya semakin berdaya dan sejahtera. Dari beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di Kampung Lawas Maspati Surabaya sudah memenuhi indikator kesejahteraan ekonomi yaitu bertambahnya penghasilan warga untuk bisa memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari. Sedangkan Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di Kampung Lawas Maspati sudah memenuhi lima tujuan syara’ yaitu Hifẓu ad-Din (penjagaan atau perlindungan agama), Hifẓu an-Nafs (penjagaan atau perlindungan terhadap jiwa), Hifẓu al-Aql (penjagaan atau perlindungan terhadap akal), Hifẓu an-Mal (pejagaan atau perlindungan terhadap harta) dan Hifẓu an-Nasl (penjagaan dan perlindungan terhadap keturunan). Dari pemberdayaan itu juga ada beberapa peran dari pemberdayaan masyarakat yaitu peran sosial, peran psikologi dan pera ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Lusianalusianadewwi98@gmail.comG94217098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrulhuda@gmail.com2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kesejahteraan Ekonomi; Maṣlaḥaḥ.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lusiana Dewi
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:37
Last Modified: 29 Apr 2021 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47718

Actions (login required)

View Item View Item