Nilai-nilai budaya Melayu Sambas pada Kitab Tafsir Surah Tujuh karya Muhammad Basiuni Imran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnaini, Ica Fauziah (2020) Nilai-nilai budaya Melayu Sambas pada Kitab Tafsir Surah Tujuh karya Muhammad Basiuni Imran. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ica Fauziah Husnaini_F02518194.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ingin mengelaborasi metode sosial budaya penafsiran Muhammad Basiuni Imran dalam karyanya Tafsir Surah Tujuh. Dalam konteks penafsiran Alquran Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research) dan deskiptif-analisis. Kemudian data tersebut dianalisa dengan mengunakan pendekatan antropologi Budaya Melayu Sambas, yaitu melakukan kontak dengan suatu budaya untuk dipelajari, dan proses asimilasi kepada ajaran Islam yang disampaikan di dalam kitab tafsir. Setelah melewati proses tersebut barulah nilai-niali Budaya Melayu Sambas di dalam karya tafsir ini diungkapkan. Untuk mengungkap budaya yang terdapat pada tafsir Surah Tujuh dengan budaya Melayu Sambas, penelitian ini dikaji dengan kerangka teori enkulturasi budaya dengan pendekatan sosial-budaya (adab ijtimai). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tujuan Muhammad Basiuni Imran menulis tafsir Surah Tujuh adalah dalam rangka mengawal pemahaman masyarakat untuk mempelajari Islam khususnya dalam ibadah shalat yang hanya menafsirkan tujuh surah saja. Nilai-nilai kebudayaan Melayu Sambas yang memperngaruhi tafsir Surah Tujuh adalah bahasa, istilah-istilah Melayu dan aksara Arab-Pegon Melayu yang digunakan dalam penafsiraannya, budaya Melayu Sambas yakni mistisisme (antar anjong, tepung tawar, pantang larang, pernikahan dan peribadatan) .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnaini, Ica Fauziahichafauziah1@gmail.comF02518194
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abd.alidoktaf@gmail.com2002026501
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Budaya - Agama
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kebudayaan; Muhammad Basiuni Imran; Tafsir Surah Tujuh.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ica Fauziah Husnaini
Date Deposited: 10 May 2021 00:49
Last Modified: 10 May 2021 00:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47721

Actions (login required)

View Item View Item