Pengaruh beban kerja dan kecerdasan spiritual terhadap Burnout pada Dosen dengan tugas tambahan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugroho, Muhammad Alif (2021) Pengaruh beban kerja dan kecerdasan spiritual terhadap Burnout pada Dosen dengan tugas tambahan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Alif Nugroho_ J01216025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dosen dengan tugas tambahan menjadi salah satu profesi yang berpotensi mengalami burnout ketika mereka relatif memiliki beban kerja yang berlebihan. Mereka tidak hanya memiliki satu jenis beban kerja untuk diselesaikan tetapi juga diwajibkan untuk memberika pelayanan terbaik.Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tentang beban kerja dan kecerdasan spiritual memiliki pengaruh terhadap burnout pada dosen dengan tugas tambahan. Metode penelitian menggunakan pendekaatan kuantitatif korelasional dengan jumlah 105 dosen di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang menjadi subyek pada penelitian ini. Pada penelitian ini terdapat tiga instrument diantaranya Maslach Burnout Inventory (MBI), workloads Nasa-TLX Scale and The Integrated Spiritual Inteligence Scale (ISIS). Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja dan kecerdasan spiritual berkontribusi terhadap burnout pada dosen dengan tugas tambahan. Semakin tinggi beban kerja yang dimiliki semakin tinggi pula kemungkinan mereka mengalami burnout. akan tetapi ketika dosen dengan beban kerja yang tinggi namun memiliki kecerdasan spiritual tinggi dapat menurunkan resiko terjadinya burnout.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugroho, Muhammad AlifMuhhammadalifnugroho@gmail.comJ01216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufianaharnany2017@gmail.com197602272009122001
Subjects: Psikologi > Psikologi Kerja
Tenaga Kerja
Spiritualisme
Keywords: Dosen; Beban Kerja; Kecerdasan Spiritual; Burnout.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Muhammad Alif nugroho
Date Deposited: 29 Apr 2021 23:58
Last Modified: 29 Apr 2021 23:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47723

Actions (login required)

View Item View Item