العناصر الداخلية في مسرحية "أهل الكهف" لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hulyah, Mauidhotul (2021) العناصر الداخلية في مسرحية "أهل الكهف" لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mauidhotul Hulyah_A01217027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam sebuah karya sastra terdapat unsur – unsur yang membangun sebuah karya sastra tersebut. Salah satu unsur yang membangun karya sastra tersebut adalah unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur penting yang berperan dalam membangun sebuah karya. Penelitian ini membahas tentang unsur intrinsik, unsur intrinsik terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, setting, alur dan gaya bahasa. Objek penelitian ini adalah drama Ahlu Kahfi karya Taufiq Al-khakim, Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu menganalisis secara cermat dan teliti. dengan rumusan masalah apa saja unsur intrinsik dalam drama Ahlu Kahfi karya Taufiq Al-khakim?. Hasil penelitian ini akan membahas secara menyeluruh sebagimana rumusan masalah tersebut. Drama ini drama ini terdiri atas empat babak yang menceritakan tentang kisah tiga pemuda yang tertidur di dalam sebuah gua yang gelap. Beratus – ratus tahun kemudian ketiganya terbangun karena lelah atas tidur yang mereka pikir hanya selama beberapa hari saja. Ada 8 tokoh yang terlibat dalam drama ini, tokoh utama ada Marnusyi, Yimlika dan Misliniya Latar tempat terjadi peristiwa ini ada tiga tempat goa sebagai tempat persembunyian Ahlu Kahfi, dan tempat – tempat sekitar istana raja. Alur yang ada dalam drama ini menggunakan alur maju-mundur. Sedangkan amanat dalam drama ini adalah percaya kepada Allah dan selalu berpegang teguh pada i'tikad dan keimanan karena sesungguhnya pertolongan Allah itu ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hulyah, Mauidhotulmauidhotulhulyah1999@gmail.comA01217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Keywords: Unsur intrinsik; Ahlu Kahfi; Taufiq Al- Khakim.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mauidhotul Hulyah
Date Deposited: 30 Apr 2021 12:18
Last Modified: 30 Apr 2021 12:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47725

Actions (login required)

View Item View Item