Potret SMA/MA di Kabupaten Sidoarjo berdasarkan daya serap Ujian Nasional Matematika Tahun 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanah, Uyun Indah (2021) Potret SMA/MA di Kabupaten Sidoarjo berdasarkan daya serap Ujian Nasional Matematika Tahun 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uyun Indah Yanah_D04215021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ujian Nasional merupakan sistem evaluasi pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah. Dalam Ujian Nasional matematika siswa SMA/MA selalu mendapat nilai yang paling rendah diantara mata pelajaran lainnya yang diujikan. Kategori materi yang diujikan yaitu aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus dan statistika. Namun, SMA/MA yang mendapatkan hasil Ujian Nasional matematika tinggi sangat sedikit. Hal ini tidak lepas dari berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan daya serap belajar siswa, baik yang terdapat dalam diri siswa maupun lingkungan yang ada di sekitar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan potret SMA/MA di Kabupaten Sidoarjo berdasarkan daya serap ujian nasional matematika tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan 115 siswa di 6 SMA/MA yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Dimana 60 siswa berasal dari 3 sekolah yang memiliki daya serap Ujian Nasional matematika tinggi pada tahun 2018. Sedangkan 55 siswa lainnya berasal dari 3 sekolah yang memiliki daya serap matematika rendah. Sumber data daya serap Ujian Nasional yakni aplikasi PAMER UN tahun 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Selain daya serap matematika juga dilakukan penelitian tentang faktor penyebab perbedaan daya serap di SMA/MA yang ada di Kabupaten Sidoarjo. faktor-faktor yang diteliti meliputi faktor motivasi, minat, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif berdasarkan daya serap matematika dan faktor-faktor penyebab perbedaan daya serap di SMA/MA. Hasil penelitian yang diperoleh pada SMA/MA yang memiliki daya serap tinggi, kemampuan daya serap siswa rendah tentang aritmatika, geometri, perbandingan trigonometri dan permutasi. Sedangkan SMA/MA yang memiliki daya serap rendah siswa kesulitan pada materi fungsi invers, integral tak tentu, dimensi tiga, dan permutasi. Dari indikator yang diteliti, menunjukkan bahwa siswa pada SMA/MA yang memiliki daya serap rendah maupun tinggi memiliki minat belajar matematika kurang dari 50%. Sedangkan lingkungan keluarga dampak positif terhadap proses belajar siswa yakni lebih dari 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanah, Uyun Indahuyunindah99@gmail.comD04215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Keywords: Daya Serap; UN Matematika; Minat Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Uyun indah Yanah
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:24
Last Modified: 30 Apr 2021 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47731

Actions (login required)

View Item View Item