Filantropi Islam, zakat produktif dan pemberdayaan ekonomi masyarakat: studi kebijakan pada bantuan modal bergulir melalui program jatim makmur di Baznas Jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakariya, Novie Andriani (2021) Filantropi Islam, zakat produktif dan pemberdayaan ekonomi masyarakat: studi kebijakan pada bantuan modal bergulir melalui program jatim makmur di Baznas Jatim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novie Andriani Zakariya_F52419136.pdf

Download (2MB)

Abstract

Beberapa permasalahan pada bantuan modal bergulir di Baznas Jatim, antara lain: Pertama, keterbatasan uang Baznas Jatim dalam mendistribusikan bantuan modal bergulir. Kedua, rendahnya akses mustahik terhadap bantuan modal bergulir. Ketiga, persepsi mustahik bahwa bantuan yang diberikan untuk kegiatan konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode kebijakan atau policy research. Penelitian kebijakan adalah penelitian yang membahas tentang kebijakan publik. Penelitian ini berkenaan dengan perumusan kebijakan, implementasi kebijakan, dan implikasi kebijakan. Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, rumusan kebijakan dalam konteks mengkaji kebutuhan mustahik didasarkan pada tiga golongan. Golongan merah adalah program zakat konsumtif. Golongan kuning adalah program pemberdayaan. Golongan hijau adalah program pengajian. Rumusan kebijakan dilandaskan pada SK Gubernur Jawa Timur No. 188/19/kpts/013/2005 Tentang Badan Amil Zakat (BAZ) Provinsi Jawa Timur. Proses rumusan kebijakan dilakukan dengan menentukan agenda kebijakan yang didasarkan pada RKAT (Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan) yang perumusannya melibatkan pimpinan-pimpinan dan kepala-kepala bagian. Penetapan kebijakan dilakukan berdasarkan keputusan hasil rapat pimpinan dari rekomendari atau alternatif program yang diajukan oleh tiap kepala bagian. Kedua, implementasi kebijakan dengan memberikan banyak bantuan, memberikan bantuan secara berjenjang, mensupport jika usahanya berkembang, saling menjaga hubungan antara amil dengan mustahik sebagai pengontrol usaha mustahik. Analisis penelitian ini adalah implikasi kebijakan yang cenderung cukup baik, dilihat dari kondisi mustahik yang mengalami peningkatan pendapatan, pengembangan usaha, dan kebutuhan yang tercukupi. Akan tetapi, implikasi kurang dirasakan oleh sebagian mustahik yang fotonya di sebar luaskan melalui media sosial yang sama sekali tidak menerima bantuan dari pihak Baznas Jatim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakariya, Novie AndrianiNovierobi120212@gmail.comF52419136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, IskandarIskandarritonga@yahoo.com2015066502
Thesis advisorKhotib, KhotibKhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Filantropi Islam; Zakat Produkti; Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Zakariya Novie Andriani
Date Deposited: 03 May 2021 11:10
Last Modified: 03 May 2021 11:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47737

Actions (login required)

View Item View Item