Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan Sistem Among dengan strategi Small Group Work untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latif, Mochammad (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan Sistem Among dengan strategi Small Group Work untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Latif_D74215052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan sistem Among dengan strategi Small Group Work. Diharapkan penerapan perangkat ini dapat melatihkan memampuan komuikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan sistem Among dengan strategi Small Group Workuntuk melatihkan memampuan komuikasi matematis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD. Perangkat pembelajaran dikembangkan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk/prototipe dan fase penilaian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Catatan Lapangan dan Teknik Validasi. Data yang diperoleh selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pengembangan perangkat pembelajaran pada fase investigasi awal dilakukan kegiatan analisis awal akhir, analisis kurikulum dan analisis materi pembelajaran di SMPN 3 Krian Sidoarjo. Selanjutnya pada fase pembuatan prototipe dilakukan kegitan pembuatan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD yang selanjutnya pada fase penilaian dilakukan validasi ahli oleh empat validator. Kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata total kevalidan sebesar 3,9untuk RPP dan sebesar 3,9 untuk LKPD. Sedangkan data kepraktisan perangkat pembelajaran untuk RPP diperoleh nilai B dengan kategori sedikit revisi dan LKPD diperoleh nilai B dengan kategori sedikit revisi oleh empat validator sehingga perangkat pembelajaran tergolong praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latif, Mochammadmochammadlatif6@gmail.comD74215052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id198111182009121003
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyotyo@uinsby.ac.id198308212011011009
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: sistem Among; strategi Small Group Work; dan kemampuan komunikasi matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Latif Mochammad
Date Deposited: 02 May 2021 12:25
Last Modified: 02 May 2021 12:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47748

Actions (login required)

View Item View Item