Analisis Hukum Islam terhadap praktik akad mudharabah pada simpanan sukarela berjangka (si suka) di koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Irda Christin (2020) Analisis Hukum Islam terhadap praktik akad mudharabah pada simpanan sukarela berjangka (si suka) di koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irda Christin Rahmawati_C72214042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis hukum Islam terhadap praktik akad mudharabah pada simpanan sukarela berjangka (si suka) di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir”. Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan tentang bagaimana praktik akad pada simpanan sukarela berjangka (si suka) di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir dan bagaimana analisis hukum Islam pada simpanan sukarela berjangka (si suka) di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan, dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam hal ini adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Selanjutnya data berhasil dikumpulkan dianalisis dengan teknis deskriptif analisis dengan menggunakan teori yang berkaitan dengan akad mudarabah dan selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan terhadap praktik akad mudarabah pada simpanan sukarela berjangka (si suka) di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir menggunakan akad mudarabah dengan bagi hasil diserahkan di awal setelah akad dilakukan. Menurut analisis Hukum Islam akad yangdigunakan oleh Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir adalah batal karena tidak terpenuhinya rukun dan syarat akad, karena dalam praktiknya Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir memberikan bagihasil berdasarkan persentase terhadap modal bukan persentase keuntungan. Sehubung dengan kesimpulan diatas, pihak Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir diharap lebih melakukan pembelajaran dalam memahamikonsep mudarabah secara umum agar sejalan dengan teori mudarabah yang benar menurutsyariah dan ada baiknya melakukan penyempurnaan prosedur bagi hasil yang sudahditerapkan selama ini yaitu perhitungan bagi hasil yang lebih jelas dan tidak adanyapenentuan batas nominal saat awal akad.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Irda ChristinIrdachristin242@gmail.comC72214042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarram, Akh.--2023095601
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Mudharabah
Keywords: akad mudarabah; simpanan sukarela berjangka; Sisuka; Pembiayaan;BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Cukir.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Irda Christin Rahmawati
Date Deposited: 07 May 2021 00:30
Last Modified: 07 May 2021 00:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47760

Actions (login required)

View Item View Item