Analisis bauran pemasaran syariah pada perkembangan nasabah BMT An-nur Rewwin Waru, Sidoarjo tahun 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asy’ari, M. Fahmi (2020) Analisis bauran pemasaran syariah pada perkembangan nasabah BMT An-nur Rewwin Waru, Sidoarjo tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
M. Fahmi Asy’ari_G04215019.pdf

Download (924kB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data yang didapat dari hasil penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah beberapa aspek dari bauran pemasaran syariah telah diimplementasikan oleh BMT An-Nur Rewwin meski belum sempurna. Ada beberapa aspek yang dirasa kurang efektif sehingga dapat menghambat bauran pemasaran syariah yang telah diimplementasikan. BMT An-Nur Rewwin memiliki banyak varian produk dan sudah berjalan sesuai dengan syariat islam. Seiring berjalannya waktu produk yang ada ternyata diadakan penghapusan atau persingkatkan untuk efektifitas BMT yang lebih maksimal. Mengenai harga pembagian bagi hasil yang diberikan juga sudah sesuai dengan kesepakatan dan aturan syariat islam, sehingga masyarakat masih tetap mempertahankannya. Dari segi tempat, dirasa kurang strategis sehingga masyarakat yang kesehariannya melewati daerah tersebut kurang mengetahui akan hal BMT An-Nur Rewwin dikarenakan lokasinya yang sedikit menjorok kedalam sebuah perumahan. Terakhir yaitu promosi yang diberikan sudah cukup baik untuk mempertahankan suatu nasabah yang masih ingin melakukan pembiayaan pada BMT An-Nur Rewwin.
Saran peneliti adalah diharapkan BMT An-Nur Rewwin menghadirkan kembali produk yang telah di hapuskan, agar dapat menjadi daya tarik lagi untuk calon nasabah yang akan melakukan pembiyayaan, Memperkenalkan lebih luas lagi Baitul Maal wa Tamwil ini dengan salah satu caranya mencari tempat yang lebih baik atau strategis agar lebih dikenal oleh masyarakat yang sering berada di sekitaran Rewwin Waru dan Tetap menjaga yang sudah baik dan memperbaiki lagi aspek yang kurang baik menjadi lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asy’ari, M. Fahmifahmia1876@gmail.comG04215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Ekonomi
Keywords: Bauran Pemasaran Syariah; BMT An-Nur Rewwin Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Fahmi Asy'ari
Date Deposited: 07 May 2021 00:58
Last Modified: 07 May 2021 00:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47768

Actions (login required)

View Item View Item