Pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas III MI Darul Ulum Kemangsen Balong Bendo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2021) Pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas III MI Darul Ulum Kemangsen Balong Bendo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisyah_D97217077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah : (1) Bagaimana persepsi siswa terhadap reward dalam mata pelajaran matematika di kelas III MI Darul Ulum Kemangsen? (2) Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III MI Darul Ulum Kemangsen? (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemberian reward terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas III MI Darul Ulum Kemangsen?. Adapun tujuannya untuk mendeskripsikan ada pengaruh dan tidaknya pemberian reard terhadap minat belajar Matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa MI Darul Ulum Kemangsen yang terdiri dari 268 siswa. Teknik sampling yang digunakan berupa cluster random sampling . sampel yang digunakan yaitu siswa kelas III A dan III B yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga uji yaitu : (1) uji instrumen (validitas dan reliabilitas), (2) uji prasayrat analisis (normalitas, homogenitas, dan linieritas), (3) uji hipotesis (regresi linier sederhana). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persepsi siswa kelas III MI Darul Ulum Kemangsen mengenai pemberian reward memiliki kategori baik dengan frekuensi responden terbanyak yaitu 22 responden (46%). (2) Minat belajar siswa kelas III di MI Darul Ulum Kemangsen memiliki kategori yang kurang dengan diperolehnya frekuensi responden terbanyak yaitu 20 (42%). (3) ada pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar Matematika siswa kelas III di MI Darul Ulum Kemangsen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh Asymp.Sig = 0,000 (0,000 > 0,05) dan nilai R Square/koefisien korelasi (r2 ) sebesar 0,560 atau jika dipresentasekan menjadi 56%. Maka demikian H0 ditolak dan H1 diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sitistaisyahh15@gmail.comD97217077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Matematika
Minat Siswa
Keywords: Reward; Minat Belajar; Pembelajaran Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 05 Jun 2021 13:19
Last Modified: 05 Jun 2021 13:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47771

Actions (login required)

View Item View Item