Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta terhadap Penggunaan Lagu dan Musik pada Jasa Pembuatan Undangan Digital di evileea_motion

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zumaziah, Ela (2021) Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta terhadap Penggunaan Lagu dan Musik pada Jasa Pembuatan Undangan Digital di evileea_motion. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ela Zumaziah_C92217072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode analisis data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Hal tersebut dilakukan dengan menguraikan dan menjelaskan data atau fakta yaitu mengenai penggunaan lagu dan musik pada jasa pembuatan undangan digital di evileea_motion yang bersifat khusus dan kemudian di analisis menggunakan teori maupun hukum yang lebih umum sehingga menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik penggunaan lagu dan musik pada jasa pembuatan vidio undangan digital di evileea_motion menggunakan beberapa lagu dan musik tanpa sepengetahuan maupun persetujuan dari pencipta atau pemegang hak cipta lagu dan musik. Berdasarkan hukum Islam, penggunaan lagu dan musik yang tanpa adanya izin tersebut bertentangan dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 1/MUNAS VII/MUI/5/2005 tentang Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) karena termasuk suatu pelanggaran HKI dan suatu kezaliman yang hukumnya adalah haram. Hal tersebut juga dapat dikategorikan sebagai perbuatan ghasab (merampas) yang hukumnya adalah haram. Sedangkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, penggunaan lagu dan musik yang tidak mendapatkan izin dari pencipta atau pemegang hak cipta dan digunakan dalam jasa pembuatan undangan digital di evileea_motion juga bertentangan dengan beberapa ketentuan dalam Undang-Undang Hak Cipta tersebut. Diantaranya yaitu Pasal 4, 5, 8 dan Pasal 9 karena telah melanggar hak moral dan ekonomi serta melanggar penggunaan ciptaan secara komersial tanpa adanya suatu izin pencipta atau pemegang hak cipta. Sehubungan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan kepada pelaku bisnis atau usaha yang berkaiatan dengan hak milik dan hak cipta terutama evileea_motion, untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pencipta atau pemegang hak cipta agar mengantisipasi terjadinya suatu permasalahan hukum dikemudian hari, meskipun pelanggaran hak cipta tersebut merupakan suatu delik aduan. Disarankan juga kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan tidak menganggap remeh setiap tindakannya karena setiap orang dianggap mengetahui hukum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zumaziah, Elaezumaziah@gmail.comC92217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMubin, Muhammad Ufuqulufuqulmubin@gmail.com2026077301
Subjects: Hukum Ekonomi
Keywords: Hak Cipta; Hak Cipta terhadap Penggunaan Lagu dan Musik; evileea_motion.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ela Zumaziah
Date Deposited: 07 May 2021 00:49
Last Modified: 07 May 2021 00:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47774

Actions (login required)

View Item View Item